Banjir Pasokan, Harga Jengkol Anjlok di Padang

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Harga sejumlah komoditi pertanian terus berfluktuasi di Kota Padang, Provinsi Sumbar akibat memicu inflasi. Tak terkecuali harga jengkol, meski sempat meroket beberapa waktu lalu.

Namun sejak beberapa bulan terakhir harga jengkol kembali merosot karena pasokannya melimpah dari luar Padang, salah satunya jengkol dari Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca Juga: Pohon Jengkol Dipilih Pria di Riau Ini untuk Gantung Diri

Harga jengkol perbiji dijual tergantung ukuran. Jengkol ukuran besar dijual Rp5.000 untuk 10 biji, sedangkan ukuran jenis Rp10.000 untuk 30 biji.

Salah satu pedagang, Yanti mengatakan, menurunnya harga jengkol tidak menambah permintaan terhadap pangan tersebut. Pembeli tetap sepi sehingga membuat harga jengkol semakin turun.

Baca Juga: Jengkol jadi Primadona Ekspor Sumbar

"Sekarang mengalami penurunan (harga jengkol, red). Karena sekarang banyak jengkol yang masuk, ada dari Pangkalan, serta dari Pariaman," kata Yanti.

Yanti menyebutkan, kondisi tersebut membuat dirinya dan pedagang jengkol lainnya mengalami kerugian karena pangan itu mudah busuk.

"Walaupun jengkol murah tetap saja pembeli seperti biasanya, tidak ada peningkatan. Sementara stok jengkol banyak tapi pembeli sedikit, jadi jengkol ini busuk saja," tukasnya. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Indeks Dolar AS Melemah, Ini Penyebabnya

Sabtu, 27 November 2021 | 08:30 WIB

Intip 3 Kriteria Investasi Saham Syariah

Sabtu, 27 November 2021 | 03:17 WIB

Penyebab Harga Kontainer Mahal Versi Kemendag

Kamis, 25 November 2021 | 08:53 WIB
X