UMKM Sumbar Didorong Punya Nomor Induk Usaha

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:15 WIB
Ilustrasi UMKM (Dok.Pikiran Rakyat)
Ilustrasi UMKM (Dok.Pikiran Rakyat)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Perizinan berusaha adalah legalitas yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan usaha dan/atau kegiatannya (Pasal 1 angka 3 UU Cipta Kerja).

Urgensi dan manfaat adanya perizinan adalah kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang ditetapkan, pendampingan, pemberdayaan, dan bantuan hukum dari pemerintah serta kemudahan akses pembiayaan.

Baca Juga: Pemerintah Terus Dorong Pemulihan UMKM dari Dampak Pandemi

NIB (Nomor Induk Berusaha) adalah bukti registrasi / pendaftaran pelaku usaha untuk melakukan kegiatan usaha dan sebagai identitas bagi pelaku usaha dalam pelaksanaan kegiatan usahanya (Pasal 1 angka 12 PP Perizinan Berusaha Berbasis Risiko).

Setelah UU Cipta Kerja, pemerintah mengupayakan adanya kemudahan berusaha bagi pelaku usaha, salah satunya perizinan berusaha berbasis risiko terintegrasi. Secara umum perizinan berusaha melalui sistem online terintegrasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam membuat perizinan.

Baca Juga: Islam Dongkrak UMKM Sumbar

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar melalui dana APBN Dekonsentrasi Program Penumbuhan dan Pengembangan Industri Kecil, Menengah dan Aneka Satker Dinas Perindag Sumbar mengadakan Sosialisasi Perizinan Berusaha Sektor Industri di Hotel Grand Zury Padang.

Peserta berjumlah 80 IKM yang berasal dari Kab/Kota Sumatera Barat. Dalam acara ini peserta difasilitasi untuk mendaftarkan usahanya melalui OSS untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Dalam hal kegiatan usaha yang dilakukan oleh Usaha Mikro dan Usaha Kecil memiliki risiko rendah diberikan nomor induk berusaha yang sekaligus berlaku sebagai perizinan tunggal," kata Aswandi, Kasi Pelayanan Perizinan I didampingi Setmiza Athary perwakilan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Indeks Dolar AS Melemah, Ini Penyebabnya

Sabtu, 27 November 2021 | 08:30 WIB

Intip 3 Kriteria Investasi Saham Syariah

Sabtu, 27 November 2021 | 03:17 WIB

Penyebab Harga Kontainer Mahal Versi Kemendag

Kamis, 25 November 2021 | 08:53 WIB
X