Daihatsu Berikan Tips Aman Bermanuver di Ngobrol Asik IGTV

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:07 WIB
Daihatsu Berikan Tips Aman Bermanuver di Ngobrol Asik IGTV
Daihatsu Berikan Tips Aman Bermanuver di Ngobrol Asik IGTV

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Daihatsu bersama GT Radial kembali mengadakan acara sharing otomotif terkini melalui acara bertajuk NGOBROL ASIK bertema Safety Maneuver Dalam Aplikasi Berkendara di Jalan Raya. Acara ini berlangsung pada 16 Oktober 2021 di Instagram @daihatsuind channel IGTV atau dapat disaksikan melalui tautan Ngobrol Asik Safety Maneuver yang dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia.

Sesuai temanya, pada acara ini Daihatsu mengundang Sony Susmana selaku Instructor SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia) sebagai narasumber dalam memberikan tips seputar berkendara di jalan raya agar tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

Manuver sering diartikan sebagai reaksi pengemudi ketika melakukan tindakan seperti zig-zag, selap selip, pengereman mendadak, berbelok, dan kondisi khusus lainnya. Manuver dibagi menjadi 2 kategori, yaitu manuver ekstrim, dan manuver aman. Manuver Ekstrim dapat berdampak buruk ketika pengemudi tidak dapat mengontrol kendaraannya dan berujung terjadinya selip. Sedangkan Manuver Aman yaitu, pengemudi selalu dalam kontrol emosi yang stabil dan dengan penuh tanggung jawab.

Dalam berkendara, selama Ini pengemudi dihadapkan pada kondisi yang cenderung nyaman, dan tidak memperhitungkan resiko bahaya, sehingga kadang dapat menurunkan tingkat kewaspadaan dan ketidaksiapan dalam mengantisipasi. Untuk mengantisipasi hal ini, pengendara membutuhkan skill dalam mengontrol kendaraan dan menguasai emosi secara benar dan tepat.

Berikut ini adalah 4 hal utama dalam mendukung Manuver Aman, yaitu Operational (Driving technic), Seat position (Ergonomis & dinamis), Pergerakan/kecepatan (lingkungan), dan Track area (Lurus, Jumping & tikungan).

Pada sisi Operational (driving technic), merupakan dasar/cara seseorang mengemudi, dan paham dalam melakukan operasional pada kendaraannya secara benar, biasanya selalu melakukan deselerasi atau coverbrake di situasi yang mengharuskan pengemudi bermanuver secara halus yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan kendaraan.

Seat Position (Ergonomis & Dinamis), ketika kendaraan bermanuver, pastikan posisi duduk pengemudi sudah benar lewat 3C (Control, Communication, Comfort) seperti punggung menempel di sandaran jok, posisi tangan terhadap stir kemudi, dan lainnya, hal ini penting untuk menjaga keseimbangan kendaraan ketika melakukan manuver di situasi mendadak.

Pergerakan atau Kecepatan yang selaras dengan kondisi lalu lintas di sekitar sangat penting untuk menghindari resiko kecelakaan tabrakan depan dan belakang. Selalu patuhi aturan kecepatan sesuai dengan rambu lalu lintas dan tentukan lajurnya dengan benar.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: rilis

Terkini

Siang Ini Rupiah Melemah ke Rp14.447 per USD

Senin, 6 Desember 2021 | 12:40 WIB

Boyband BTS Raup Rp483 Miliar dari Konser di Amerika

Senin, 6 Desember 2021 | 06:00 WIB

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Nataru

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:02 WIB

XL Axiata Perluas Layanan di Sumatra

Selasa, 30 November 2021 | 15:49 WIB
X