Direktur PRT: Ekonomi Berjamaah, Urusan Lebih Mudah dan Murah

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 00:44 WIB
 Workshop Inkubasi Start-up
Workshop Inkubasi Start-up

HARIANHALUAN.COM - Direktur Pasar Rabu Tani (PRT),  Zukri Zulkifli menyatakan dengan ekonomi berjamaah maka banyak urusan menjadi lebih mudah dan murah.

 Baca Juga: Buruh se- Indonesia Ancam Mogok Nasional jika Tuntutan Mereka Tak Dipenuhi

Hal tersebut disampikan Direktur PRT yang mengelola pasarrabutani.com (salah satu unit usaha Koperasi Mandiri Dan Merdeka/KMDM) gtersebut  dalam Workshop Inkubasi Start-up "Mahasiswa Berusaha" yang diselenggarakan oleh Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Andalas bekerja sama dengan Inkubator Bisnis Teknologi (Inbistek) Universitas Andalas pada Sabtu, 23 Oktober 2021, pukul 13.00 - 16.00 WIB via aplikasi Zoom dalam kerangka Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Zukri yang juga berlatar belakang pengusaha jasa tour and travel dengan tujuan ke Eropa sebelum pandemi Covid 19 itu, bergabung menjadi Anggota KMDM dan menjadi Direktur PRT setelah merasakan langsung dampak krisis ekonomi termasuk karena pandemi bagi usaha yang dikelolanya sendiri.

Dalam presentasi dan diskusi dengan para mahasiswa, Zukri menyampaikan salah satu poin penting yang seringkali ditanyakan dan dimunculkan bagi para wirausahawan yang ingin go digital/go online tentang menyiasati kebutuhan berbagai keahlian, permodalan, dan ketenagakerjaan.

Bagi Zukri, solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah dengan berjamaah, karena akan menjadikan urusan lebih mudah dan lebih murah. Selain itu, kepemilikan bersama atas usaha artinya juga bersama-sama menghadapi resiko selain menikmati benefit dan profit usaha.

Zukri mengutip pesan Bung Hatta, seorang Bapak Koperasi Indonesia yang pernah mengatakan bahwa "bentuk perekonomian yang paling cocok untuk Indonesia adalah usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan. Usaha bersama itu adalah koperasi. Selain itu, koperasi mendidik toleransi dan rasa tanggung jawab bersama. Koperasi juga memperkuat demokrasi sebagai cita-cita bangsa".

Sementara itu menurut Virtuous Setyaka dan Eli Ratni, para Pengurus KMDM dan Dosen di Universitas Andalas, Padang, dengan demikian Zukri tidak hanya mengajak para mahasiswa untuk memahami teknis dan teknologis saja dalam memulai bisnis atau wirausaha.

"Namun juga secara ideologis pak Zukri berhasil mengembalikan ruh perjuangan ekonomi yang seharusnya menjadi semangat, praktik, dan cita-cita dalam perekonomian bangsa dan negara Indonesia," jelas Virtuous Setyaka.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

Korea Selatan Impor Pupuk Urea dari Indonesia

Rabu, 8 Desember 2021 | 18:05 WIB

Kredit Bank Mandiri Tumbuh Sebesar 16,9 Persen

Rabu, 8 Desember 2021 | 16:03 WIB

Siang Ini Rupiah Melemah ke Rp14.447 per USD

Senin, 6 Desember 2021 | 12:40 WIB

Boyband BTS Raup Rp483 Miliar dari Konser di Amerika

Senin, 6 Desember 2021 | 06:00 WIB
X