Kelaparan 42 Juta Jiwa di Dunia Teratasi dengan 2 Persen Harta Elon Musk

Jefli Bridge
- Minggu, 31 Oktober 2021 | 13:14 WIB
Elon Musk
Elon Musk


HARIANHALUAN.COM - Pakar Global Hunger di PBB menyebut, dengan hanya 2 persen harta dari orang terkaya di dunia yakni CEO Tesla Inc, Elon Musk, dapat mengatasi kelaparan 42 juta jiwa di seluruh dunia.

"Inilah saatnya para miliarder perlu melangkah maju sekali ini saja — 6 miliar dollar untuk membantu 42 juta orang yang benar-benar akan mati jika kita tidak menjangkau mereka. Ini tidak rumit," ujar David Beasley, Direktur Eksekutif PBB untuk 'World Food Program' kepada CNN yang dikutip dari idxchannel (31/10/21).

Beasley mengatakan saat ini kondisi dunia sedang dilanda berbagai masalah penting.

Baca Juga: Tajir Melintir, Rp509 Triliun dalam Sehari Dihasilkan Elon Musk

“Saya tidak meminta mereka melakukan ini setiap hari, setiap minggu, setiap tahun, Kami mengalami krisis satu kali. Kami memiliki badai konflik, perubahan iklim, dan covid yang luar biasa" lanjutnya.

Lebih lanjut Beasley menjelaskan saat ini ada 42 juta jiwa di 43 negara yang terdapat dalam IPC level empat. Melansir dari Gizmodo, IPC sendiri mengacu pada klasifikasi ketahanan pangan terpadu untuk mengukur masalah kelaparan di populasi global. Ada lima level dalam IPC tersebut dan level empat adalah kondisi darurat.
 
500 orang terkaya di Amerika menambahkan pundi-pundi kekayaan mereka sebanyak 1.8 trilliun dollar selama tahun 2020. Namun banyak dari mereka yang membayar pajak lebih sedikit daripada kebanyakan orang Amerika lain.

Seperti misalnya Elon Musk, menurut ProPublica, Musk bahkan tidak membayar pajak pendapatan sama sekali di tahun 2018. Pada tahun 2015 dan 2017, Elon Mush hanya membayar pajak pendapatan kurang dari 70.000 dollar (atau sekitar 995 juta rupiah) per tahun.

Guna menghindari pajak, hal yang dilakukan oleh Elon Musk, dan juga miliarder lain seperti Bill Gates adlah menyumbangkan kekayaannya kepada yayasan amal miliknya sendiri.

Quartz bahakan melakukan analisis terkiat amal yang diberikan Musk untuk yayasan-nya yakni Musk Foundation pada akhir tahun 2020. Elon Mush memberikan sekitar 257 juta dollar pada yayasan tersebut, Hal ini dinilai tidak sebanding dengan harta kekayaan miliknya yang jauh lebih besar.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: IDX Channel

Tags

Terkini

Tiket Pesawat Meroket, Kemenhub Sentil Bos Garuda

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Ini Dia 5 Terkaya di Dunia, Siapa Sajakah?

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:02 WIB

Waspada Dampak Ekonomi Akibat Konflik China-Taiwan

Senin, 8 Agustus 2022 | 08:48 WIB
X