Jerman Tolak Permintaan Yunani Perpanjangan Pinjaman Dana

- Jumat, 20 Februari 2015 | 19:58 WIB

“Sebenarnya (permintaan) itu ditujukan untuk menjem­batani masalah pendanaan, tanpa memenuhi syarat-syarat program tersebut. Surat tersebut tidak memenuhi kriteria yang disepakati Eurogroup (sidang para menteri keuangan negara-negara Uni Eropa yang menggunakan mata uang euro, red) pada Senin.”

Yunani, negara yang berada pada kehancuran karena utang, telah mengajukan permintaan —yang bisa berhasil atau gagal— untuk memperpanjang program pinjaman dari Eropa, yang akan berakhir pada akhir bulan ini, namun menuntut agar pihak peminjam mengakhiri langkah-langkah penghe­matan yang dibencinya.

Jerman telah berkali-kali mencegah langkah untuk menawari Yunani komitmen di luar perjanjian yang berlaku saat ini, terutama komitmen-komitmen terkait penghematan. Jerman menganggap bahwa perpanjangan masa pinjaman terkait “erat” dengan reformasi-reformasi yang sebelumnya telah disetujui Athena.

Para menteri keuangan Eurozone (negara-negara Eropa yang menerapkan mata uang euro) dalam pertemuan mereka pada Senin telah menentukan lima syarat bagi diteruskannya dukungan keuangan mereka bagi Athen, termasuk janji untuk tidak mundur dari reformasi-reformasi yang telah disepakati sebelumnya.

Di antara syarat-syarat lainnya adalah bahwa Athen jangan sampai melakukan reformasi-reformasi baru yang akan membebani keuangan publik Yunani, dan Athena harus berkomitmen untuk membayar semua peminjamnya, demikian AFP.(h/ans)

Editor: Administrator

Terkini

Daftar Pinjol Legal 2021 yang Sudah Terdaftar OJK

Jumat, 17 September 2021 | 17:12 WIB

Waspada Modus Terbaru Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal

Jumat, 17 September 2021 | 16:37 WIB

Perdagangan Pagi Ini, Harga Minyak Relatif Stabil

Jumat, 17 September 2021 | 10:04 WIB
X