Tiongkok Naikkan Belanja Militer 10,1 Persen

- Jumat, 6 Maret 2015 | 19:10 WIB

Kenaikan 10,1 persen itu merupakan yang terkecil dalam lima tahun terakhir tetapi di sisi lain juga menunjukkan ambisi militer yang besar dari Beijing untuk mempertahankan wilayah sengketa di Laut Tiongkok Timur dan Selatan.

Pada tahun lalu, kenaikan anggaran militer mencapai 12,2 persen.

Sejumlah analis memperkirakan bahwa belanja militer Tiongkok sebenarnya jauh lebih besar dibandingkan yang tercatat dalam anggaran negara. Pentagon di Amerika Serikat sendiri memperkirakan bahwa Tiongkok telah menghabiskan sekitar 135 milyar sampai 215 milyar dolar AS pada 2012.

Tokyo pada Kamis bahkan sempat mendesak Tiongkok untuk lebih transpara dalam pembelanjaan senjatanya.

“Angka ini memang kenaikan terkecil dalam lima tahun, namun masih sejalan dengan kenaikan anggaran yang terjadi selama 20 tahun terakhir,” kata pengajar senior dari S. Rajaratnam School of International, Richard Bitzinger.

“Secara rata-rata, anggaran militer Tiongkok naik 12 atau 13 persen dan saya memperkirakan mereka tidak akan menurunkannya pada 10 tahun ke depan,” tambahnya.

Dalam pidato di depan NPC, Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan bahwa “pembangunan pertahanan nasional dan pasukan negara yang kuat adalah faktor fundamental dalam mempertahankan kedaulatan Tiongkok.”

Beijing akan “dengan tegas membela hak-hak dan kepentingan maritim Tiongkok” dan “terus berupaya mencapai mimpi menjadi negara maritim terkuat di dunia,” kata dia.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Daftar Pinjol Legal 2021 yang Sudah Terdaftar OJK

Jumat, 17 September 2021 | 17:12 WIB

Waspada Modus Terbaru Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal

Jumat, 17 September 2021 | 16:37 WIB

Perdagangan Pagi Ini, Harga Minyak Relatif Stabil

Jumat, 17 September 2021 | 10:04 WIB
X