Terjadi Peningkatan Ekonomi, Program Kartu PraKerja Bakal Diperpanjang

- Senin, 22 November 2021 | 22:16 WIB
Ilustrasi kartu prakerja (Foto:PortalRepublik/ Instagram@bantuin.kerja)
Ilustrasi kartu prakerja (Foto:PortalRepublik/ Instagram@bantuin.kerja)


HARIANHALUAN.COM - Program Kartu PraKerja bakal diperpanjang sampai 2022 mendatang. Pasalnya program ini juga mendapatkan apresiasi dari Bank Dunia dan mampu mendorong tingkat ekonomi masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartato, mengatakan kartu prakerja dinilai memberikan akses modal kepada masyarakat, meningkatkan daya beli dan memberikan pelatihan yang sesuai dengan situasi masyarakat saat ini.

“Program ini mendorong inklusi keuangan dimana banyak masyarakat yang mengikuti Program Kartu Prakerja untuk pertama kali memiliki rekening dalam bentuk e-wallet. Ini salah satu akselerasi yang juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan lembaga-lembaga global,” kata Airlangga di Jakarta, Senin (22/11/2021).

Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2022 tidak hanya daring tetapi juga bersifat luring dan kembali pada program awal yaitu untuk mendorong retraining dan reskilling agar sesuai dengan kebutuhan digitalisasi ke depan. "Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2022," katanya.

Dia menambahkan Pemerintah akan melanjutkan pemberian stimulus untuk penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dengan dana sebesar Rp321 triliun.

“Tentu ini fleksibel, karena stimulus ini tergantung pada perkembangan kondisi dari Covid-19. Pemerintah sedang mengevaluasi hal-hal apa saja yang akan dilanjutkan di semester pertama. Semua sedang dievaluasi, termasuk PPnBM, subsidi bunga KUR. Nanti akan kita sampaikan pada waktunya,” pungkas Airlangga.

Menutup paparannya, Airlangga mengingatkan kembali arahan Presiden bahwa Pemerintah mengajak seluruh komponen masyarakat, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk bersama-sama tetap menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan “Gas dan Rem” sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. (*)

Editor: Jefli Bridge

Sumber: IDX Channel

Tags

Terkini

5 Pelawak Terkaya di Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:47 WIB

5 Pilihan Saham Properti yang Menarik

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:40 WIB

Sah! BNI Resmi Akuisisi Bank Mayora

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:21 WIB

5 Tips Investasi Bagi Pekerja Kantoran

Rabu, 18 Mei 2022 | 23:48 WIB
X