Rusia Luncurkan ‘Tahun Persahabatan‘ dengan Korea Utara

- Jumat, 13 Maret 2015 | 19:29 WIB

Program —yang akan dimulai bertepatan dengan peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II pada Mei— muncul di saat Moskow berupaya untuk mengimbangi hubungannya yang merosot dengan Barat terkait dukungan Rusia kepada kalangan separatis di Ukraina.

Kremlin sudah mengatakan bahwa pe­mimpin Korea Utara Kim Jong-un akan datang ke Moskow pada Mei untuk mengambil bagian dalam upacara peringatan kemenangan Soviet atas Nazi Jerman.

Kunjungan tersebut akan menjadi yang pertama kalinya dilakukan Kim ke luar negeri sejak ia mengambil alih kepemimpinan setelah sang ayah, Kim Jong-Il, yang wafat pada 2011. Kemungkinan kunjungan itu merupakan upaya untuk mengurangi ketergantungan Korut terhadap penopang utama diplomatik dan ekonomi, Tiongkok.

Moskow telah berupaya meningkatkan hubungannya dengan serangkaian mitra, dari Beijing hingga Caracas, dalam menghadapi masalah ekonominya sendiri —sebagai akibat dari sanksi-sanksi yang dijatuhkan Barat terkait Ukraina serta jatuhnya harga minyak.

Mendiang pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Il, pada Agustus 2011 berkunjung ke Moskow menggunakan kereta api antipeluru. Ia datang ke Moskow untuk melakukan pertemuan dengan presiden Rusia Dmitry Medvedev.

Rusia berkeinginan untuk memperluas hubungannya di bidang ekonomi dengan Korea utara dan sedang mengincar proyek senilai 25 juta dolar AS (Rp329,2 triliun) untuk mem­perbaiki jaringan kereta api negara tersebut sebagai imbalan atas akses terhadap sumber-sumber daya mineral.

Rusia juga merupakan salah satu anggota kunci perundingan enam pihak —yang sudah lama terhenti— dengan Korea Utara. Perun­dingan itu bertujuan untuk mengakhiri program senjata nuklir Korut.  Pada Rabu, kantor Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan sang kanselir tidak akan menghadiri parade Hari Kemenangan 9 Mei di Moskow. (h/ans)

Editor: Administrator

Terkini

Daftar Pinjol Legal 2021 yang Sudah Terdaftar OJK

Jumat, 17 September 2021 | 17:12 WIB

Waspada Modus Terbaru Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal

Jumat, 17 September 2021 | 16:37 WIB

Perdagangan Pagi Ini, Harga Minyak Relatif Stabil

Jumat, 17 September 2021 | 10:04 WIB
X