Ratusan Ribu Orang Beri Penghormatan Pada Lee Kuan Yew

- Minggu, 29 Maret 2015 | 19:16 WIB

Jumlah orang yang datang berduyun-duyun pada Jumat malam memaksa pemerintah untuk membatalkan antrian panjang yang hendak masuk demi alasan keamanan tetapi dibuka kembali sebelum fajar pada Sabtu karena antrian sudah berkurang. Jasad Lee diba­ringkan di lobi utama parlemen sejak Rabu setelah ia wafat pada Senin pada usia 91 tahun.

Ia akan dikremasi dalam suatu upacara yang khusus dihadiri keluarga dan orang-orang terdekat pada Ahad setelah pemakaman oleh nega­ra yang akan dihadiri para pemimpin Asia-Pasifik dan tokoh-tokoh dunia. Pada Sabtu, mantan Men­teri Luar Negeri Amerika Seri­kat dan teman lama Lee, Henry Kissinger, termasuk di antara para pengun­j­ung VIP yang datang untuk menyam­paikan penghor­matan tera­khir. Prabo­wo Subian­to juga mem­berikan penghormatan terakhirnya ber­sama dengan taipan Internet Tiongkok Jack Ma.

Pada Sabtu siang, waktu bagi masyarakat yang berniat melihat peti jenazah Lee telah dikurangi jadi empat jam dari sebelumnya 10 jam.

“Ibuku bercerita tentang kisah-kisah bagaimana Tuan Lee pemimpin baik bagi Singa­pura. Ia telah banyak mem­bantu orang dengan memberi mereka negeri yang indah dan bersih,” kata Annabel Lee, seorang siswa berusia delapan tahun. Ia bersama ibunya antri untuk memberikan peng­hor­matan terakhir.

Negara kota itu berpen­duduk 5,5 juta orang tetapi hanya 3,34 juta di antaranya adalah warga negaranya. Sisa­nya merupakan pekerja tamu, ekspatriat dan keluarga mere­ka. Orang-orang menunggu dengan sabar dalam antrian mulai dari Padang, alun-alun yang digunakan untuk olah­raga, konser dan parade Hari Nasional.

“Ini hari terakhir dan saya mengatakan kepada istri saya bahwa saya harus datang mem­berikan penghormatan tera­khir, tak masalah apapun yang terjadi,” ujar S. Sangarapandy, 60 tahun, seorang sopir pega­wai pemerintah. Ia terisak-isak terkenang kembali dengan Lee yang terharu di televisi ketika mengumumkan pemisahan Singapura dari Malaysia pada 1965, demikian AFP.(h/ans)

Editor: Administrator

Terkini

90 Koperasi di Sumbar Ajukan Konversi ke Syariah

Minggu, 24 Oktober 2021 | 09:15 WIB

China Krisis Energi, Indonesia Jadi Kebanjiran Untung

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:10 WIB

Duh! Harga Alphard Nyungsep hingga Rp1,5 Miliar

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:20 WIB

Investor Saham Sumbar Kembali Naik, Jadi 43.763 SID

Jumat, 22 Oktober 2021 | 12:35 WIB

UMKM Sumbar Didorong Punya Nomor Induk Usaha

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Harga Minyak Dunia Makin Licin Nih

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X