Gempa Dahsyat 8,3 SR Guncang Chile

- Kamis, 17 September 2015 | 19:46 WIB

“Sekali lagi, kita harus meng­hadapi pukulan keras dari alam,” tutur Bachelet da­lam pernyataannya me­lalui te­le­visi nasional, se­perti dilan­sir Reu­ters, Kamis (17/9/2015).

Otoritas setempat me­nyebut sedikitnya 5 orang tewas akibat bencana alam ini. Sebagian besar korban tewas berada di kota Illapel. Seorang wanita berusia 26 tahun tewas tertimpa tem­bok roboh di Illapel dan se­orang warga lainnya tewas di Santiago, akibat serangan jantung saat gempa terjadi.

“Ini akan menjadi ma­lam yang panjang,” tutur warga setempat, Ronny Perez,

Gempa ini merusak ru­mah warga, gedung dan me­lukai beberapa orang. Aliran listrik di wilayah Illapel terputus akibat gempa dan warga tidak mendapat suplai air minum yang layak. Se­kitar 1 juta warga Chile terpaksa dievakuasi ke lo­kasi yang lebih aman, setelah pemerin­tah merilis perintah evakuasi.

Provinsi Central Choapa merupakan wilayah paling dekat dengan pusat gempa. Otoritas Chile menyatakan provinsi ini sebagai zona bencana dan mem­berla­ku­kan aturan darurat militer.

Tayangan televisi setem­pat menampilkan warga yang pa­nik dan berkumpul di jalanan, dekat gedung-ge­dung yang rusak. Gelom­bang tsunami setinggi 3 meter hingga 4,5 meter dila­porkan menerjang wilayah Coquimbo, yang ter­letak dekat pantai. (h/dtc)

Editor: Administrator

Terkini

Laba PT BBCA Tembus Rp15 T

Jumat, 30 Juli 2021 | 10:34 WIB

Kamis Pagi, Harga Emas Mulai Turun Tipis

Kamis, 29 Juli 2021 | 08:25 WIB

Pasokan Mengetat, Harga Minyak Dunia Turun

Rabu, 28 Juli 2021 | 07:00 WIB
X