Ratusan Jemaah Haji Tewas

- Kamis, 24 September 2015 | 20:31 WIB

Kepastian jumlah kor­ban jemaah haji Indonesia ter­sebut diperoleh langsung dari Wakil Duta Besar RI di Arab Saudi, Sunarko.

"Kami baru meninggalkan RS Al Jisr Mina bersama Men­ teri Agama dan Dirjen Haji, untuk mengetahui kondisi dan situasi korban. Sampai pukul 16:00 waktu Arab Saudi, dapat di­iden­tifikasi 3 WNI jemaah haji  me­ning­gal dunia akibat musibah di Mina," ujar Sunarko, melalui Direktorat Per­lindung­an WNI Kementerian Luar Negeri RI.

Dua WNI yang diketahui ide­n­titasnya adalah Hamid Atu­wi (laki-laki) asal Surabaya, dan Saiyah (perempuan) asal Batam. Adapun ko­r­ban tewas ketiga ad­a­lah jemaah laki-laki ya­ng belum di­ketahui na­manya.

Jenazah ke­tiga sulit di­iden­ti­fikasi karena tidak ada gelang identitas di ta­ nga­n­nya. Namun, ber­hasil diketahui bah­wa ia be­rasal dari Probolinggo, yang menggunakan Safari Travel. Data korban tersebut sedang dicek lebih lanjut di data haji.

Sementara itu, satu korban asal Indonesia kondisinya masih kritis hingga saat ini. Ia tengah mendapat perawatan di Rumah Sakit Annur, Mekkah.

Dengan demikian, jumlah WNI yang menjadi korban mu­sibah di Mina mencapai 4 orang.

Dilansir dari akun Twitter resminya, otoritas pertahanan sipil Arab Saudi menyatakan bahwa korban tewas mencapai 717 orang. Sedangkan korban luka akibat peristiwa ini men­capai 863 orang.

Menurut Direktorat Per­ta­hanan Sipil Arab Saudi,  musibah itu bermula ketika volume je­maah haji yang akan menjalankan lempar jumrah di Jamarat, sangat tinggi.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Bappebti Blokir 109 Situs Investasi Bodong

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:42 WIB
X