Pessel Evaluasi UKM

- Sabtu, 9 Januari 2016 | 02:40 WIB

Kepala Dinas UKM Ko­­perasi Perindustrian Per­­dagangan dan Pasar (UK­M Koperindagpas) Pe­sisir selatan, Erdianto di Painan, Kamis, me­ngata­kan, hal itu dilakukan guna melihat sejauh mana dam­pak bantuan yang diberikan pemerintah ataupun pihak lainnya selama ini terhadap pelaku UKM yang ada.

Dari evaluasi ini nan­tinya pemkab dapat melihat sejauh mana dampak ban­tuan yang diberikan oleh berbagai pihak kepada UK­M tersebut dan upaya se­lanjutnya yang akan dila­kukan terhadap UMKM itu, katanya kemarin.

UKM yang ada saat ini umumnya bergerak pada sektor usaha kecil atau sekitar 75 persen dari semua sektor usaha yang ada, si­sanya usaha menengah. Un­tuk menggerakkan berbagai usaha yang digelutinya, pengusaha tersebut se­ring­kali terkendala oleh minim­nya modal yang dimiliki.

Hingga kini UKM yang aktif dan tercatat di Dinas UKM Koperindagpas kabu­paten setempat sebanyak 1.545 UKM tersebar di 15 kecamatan yang ada di ka­bupaten itu.

Dalam menggerakan ro­da usahanya, pemkab se­tem­pat terus melakukan pembinaan dengan me­man­tau dan memberi dukungan melalui berbagai bantuan modal usaha. Selain uang kontan, pe­merintah kabu­paten juga terus berupaya melakukan pembinaan den­gan mem­berikan bantuan berupa peralatan dan kemasan lain­nya untuk pendukung ber­bagai produk dari usaha masing-masing pemiliknya.

Berbagai bantuan ter­sebut diberikan melalui berbagai kelompok usaha dan perorangan seperti hal­nya kelompok usaha pem­buatan ikan teri, pembuatan makanan ringan dan ber­bagai usaha industri ru­mahtangga lainnya.

Ia berharap, ke depan berbagai UKM yang ada saat ini dapat maju dan berkem­bang sehingga dapat me­nye­jahterakan pemilik usaha itu sendiri. Bantuan yang di­berikan berbagai pihak ke­pada UKM itu selama ini agar dapat di­man­faatkan semak­simalnya untuk menghidup­kan usa­hanya.

Lismaneli (36) pemilik usaha keripik pisang di Pesisir Selatan mengatakan, pemilik usaha kecil dan menengah di kabupaten itu umumnya terkendala oleh minimnya modal yang dimi­liki dalam mengembangkan usahanya.

Selain itu pihaknya juga membutuhkan pelatihan un­tuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan bantuan peralatan serta pemanfaatan teknologi baru untuk me­nunjang kualitas usahanya. (h/ans)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wow! Harga Bitcoin Hampir Sentuh Rp1 Miliar

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:21 WIB

Mendag Evaluasi HET Beras, Bakal Naik atau Turun?

Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:11 WIB

Islam Dongkrak UMKM Sumbar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:33 WIB

Hari Ini Rupiah Kembali Melemah ke Rp 14.100/US$

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:05 WIB

Harga Emas Antam Naik Seribu, Jadi Rp915.000/Gram

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:56 WIB

Sumbar Lakukan Diversifikasi Produk Makanan Ringan IKM

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:59 WIB

Terpopuler

X