BTN Sosialisasi Program Sejuta Rumah

- Rabu, 30 Maret 2016 | 03:31 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Mewujudkan program yang dicanangkan Presiden Joko  Widodo tentang program sejuta rumah, Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Padang  menggelar sosialisasi program sejuta rumah untuk rakyat, Selasa (29/3) di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

Agenda tersebut dihadiri puluhan peserta dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Pusat Statistik (BPS) dan tamu undangan dari ber­bagai pejabat Pemda Tanah Datar.   

Perwakilan BTN Cabang Padang, Zul Marwan me­nga­takan, program sejuta rumah untuk rakyat itu sesuai dengan visi-misi BTN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat untuk memiliki rumah. 

“Bank BTN ditunjuk lang­sung pemerintah untuk men­jal­ankan program yang memang sesuai dengan misi BTN. Bank yang mendukung program ini didukung dengan pendanaan dari APBN dan internal BTN.  Ka­mi juga bekerja sama de­ngan lebih dari tiga ribu pe­ngem­bang perumahan untuk membiayai program tersebut, termasuk PT Rical Bersaudara di Batusangkar.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Asiten II Helfi, Rahmi Harun mengapresiasi BTN yang telah berperan penting terhadap tindak lanjut program pemerintah menyediakan se­juta rumah untuk masyarakat. 

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi tindak lan­jut program oleh Presiden Jokowi ini. Sosialisasi ini kami harapkan bisa melahirkan kerja sama yang baik,” tuturnya.    

Untuk memenuhi dan me­wujudkan rumah impian me­lalui program ini, kredit dengan pembelian rumah sederhana sehat yang dibeli dari pe­ngem­bang dan khusus untuk ma­syarakat berpenghasilan ren­dah (MBR), berpenghasilan tetap, dan tidak tetap, dapat ter­wu­judkan dengan uang mu­ka mu­lai satu persen, dengan suku bu­nga 5 persen dan jangka waktu sampai dengan 20 ta­hun.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tanah Datar, Thamrin Basrul menyebutkan, di Tanah Datar menurut rencana tata ruang dan rencana tata wilayah yang telah masuk Perda, untuk perumahan ditetapkan se­ba­nyak 3.000 unit pada lahan 3.000 hektare. Saat ini baru terealisasi sebesar 53 persen dengan angka backlock pe­ru­mahan sebanyak 15.356 unit .

“Program yang diluncurkan melalui kerja sama Pemerintah dengan BTN sangat membantu penyediaan rumah layak huni bagi warga yang tidak mampu. Pemkab Tanah Datar sangat mendukung program ini,” ujar Thamrin. (h/fma)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Bappebti Blokir 109 Situs Investasi Bodong

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:42 WIB
X