Brian Putra Bastara : Pengusaha Lokal di Tengah Arus Perubahan

- Rabu, 24 November 2021 | 12:37 WIB
Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat periode 2021-2024, Brian Putra Bastara.
Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat periode 2021-2024, Brian Putra Bastara.


HARIANHALUAN.COM - Kondisi dunia usaha semakin hari semakin tidak bisa ditebak, perubahan terjadi begitu cepat.

Dulu, seorang pengusaha restoran berpikir bahwa pesaing bisnisnya adalah restoran lain.Lalu mereka berlomba-lomba melakukan renovasi tempat, menjaga kualitas dan hospitality.

Kemudian hari anggapan itu terbantahkan oleh perubahan jaman.

Ternyata pesaingnya adalah Go Food. Aplikasi pesan makanan. Semuanya serba online. Orang memesan makanan hanya lewat ujung jarinya, tak perlu keluar rumah.

Untuk mengelolanya tak perlu tempat mewah. Ongkos produksi terpangkas, harga bisa ditekan, jauh lebih murah dari harga di restoran. Cukup jaga kualitas, usaha akan berkembang.

Pengelola restoran kalang kabut menghadapi perubahan begitu cepat. Fenomena ini mematahkan segala teori.

Bukan hanya manajer dari suatu restoran yang terkecoh oleh anggapannya sendiri, semua manajer secara tiba-tiba menyadari hal tersebut, walau agak telat.

Demikianlah kemajuan jaman. Kita, terutama para pengusaha terkadang hanya bisa terpaku pada apa yang terjadi saat ini, dan lupa berpikir, seperti apa perubahan di masa depan.

Di era sekarang semua bisa terjadi secara tiba-tiba, orang tiba-tiba bisa kaya dari usaha digital, bisa tiba-tiba terkenal di media sosial, pengusaha lama bisa bangkrut tiba-tiba karena tidak bisa mengikuti arus perubahan. Perubahan adalah keniscayaan dan kemampuan kita dalam beradaptasi adalah sebuah keharusan.

Terdapat suatu metode untuk menyederhanakan kondisi tidak menentu dari dunia usaha hari ini yang disebut dengan VUCA, apa itu?

Halaman:

Editor: Muhammad Rayhan

Tags

Terkini

Kemenkeu Ramalkan Ekonomi 2022 Tumbuh 5,8 Persen

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:55 WIB

IIMS 2022 Kejar Target Transaksi Rp3 Triliun

Sabtu, 15 Januari 2022 | 08:45 WIB

Pemula Wajib Tahu ! Jenis-Jenis Saham dan Contohnya

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:01 WIB
X