26 Negara Terima Komoditas Pertanian Indonesia, Total Ekspor 13 Ribu Ton

- Kamis, 25 November 2021 | 15:58 WIB
Aktivitas ekspor pertanian. (ilustrasi)
Aktivitas ekspor pertanian. (ilustrasi)

HARIANHALUAN.COM - Indonesia melakukan ekspor produk atau komoditas pertanian ke 26 negara dengan total jumlah 13,19 ribu ton. Negara yang menerima komoditas pertanian tersebut diantaranya di Asia, Eropa dan benua Amerika.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan ada 24 jenis ragam komoditas yang akan di ekspor seperti air kelapa, premix, dan pinang biji dengan nilai keseluruhan mencapai Rp,568,7, miliar.

Baca Juga: Seorang Petani Kopi Arabika di Ujung Sumbar Sukses Tembus Pasar Eropa, Bersiap Penuhi Permintaan di Amerika

"Ini bagian untuk melakukan langkah kongkrit, ini bagian secara pasti untuk mengatakan ada yang kita lakukan untuk negeri, bangsa, dan rakyat, ekspor menggambarkan seperti itu, saya tidak merasa tidak ada hal yang lebih istimewa dari pada berdagang," ujar Mentan SYL saat melepas ekspor komoditas tersebut di JICT, Kamis (25/11/2021) dilansir dari idxcahnnel.com

Komoditas tersebut di ekspor antara lain oleh, PT. Pacific Eastern Coconut Utama yang mengekspor air kelapa ke Miami, Amerika Serikat dengan jumlah 48000 Kg dan total nilai ekspor mencapai Rp376,32 Juta.

Baca Juga: Kopi Arabika Solok Selatan untuk Ekspor ke Amerika Sudah Tahap Pengemasan

Selanjutnya pinang biji yang diekspor oleh PT. Patel Trading dengan jumlah 162.000 Kg dan total nilai ekspor Rp4,68 miliar. Pinang biji ini di ekspor ke negara tujuan Laem Chabang, Thailand menggunakan jumlah dan No.Kontainer 6X40' HC.

Kemudian ada PT Jati Perkasa Nusantara dengan komoditas premiks yang di ekspor ke negara tujuan Latvia, Eropa Utara sejumlah 24.000 Kg dengan nilai ekspor Rp331 juta.

Mentan berharap kedepan akan bisa lebih banyak komoditas di Indonesia yang bisa di ekspor ke seluruh dunia, mengingat Indonesia memiliki potensi yang cukup bagus di sektor komoditas pertanian.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Nataru

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:02 WIB

XL Axiata Perluas Layanan di Sumatra

Selasa, 30 November 2021 | 15:49 WIB

Harga Cabai Hingga Kentang Turun Berjamaah di Padang

Selasa, 30 November 2021 | 10:30 WIB
X