Mau Jadi Entrepreneur? Santri Zaman Now Harus Sukses Dunia Akhirat

- Jumat, 26 November 2021 | 16:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pesantren merupakan salah satu akar sejarah pendidikan di Nusantara. Sebelum institusi pendidikan berdiri, pesantren telah melahirkan para santri yang melek pengetahuan. Tak hanya berbekal pengetahuan agama, mereka juga dibekali dengan ilmu-ilmu lainnya.

Pondok pesantren merupakan sistem pendidikan di mana murid, dalam hal ini disebut santri, tinggal dan belajar dalam sebuah pondokan. Mereka dibimbing oleh para guru yang biasanya dikenal dengan sebutan Kiai.

Baca Juga: Santri di Andalas Santri’s Camp Terapkan Hadist “Kebersihan Sebagian dari Iman”

Istilah pondok pesantren di tiap daerah berbeda, misalnya di Jawa, Sunda, dan Madura menggunakan istilah pondok pesantren. Sementara itu di Aceh disebut sebagai dayah atau rangkang atau menuasa, sedangkan di Minangkabau disebut sebagai surau.

Hasani Ahmad Said dalam artikelnya di Jurnal Ibda menyebut pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Nusantara. Sejumlah sejarawan menyebut eksistensi pesantren terlebih dahulu hadir sebelum kedatangan bangsa Eropa di Nusantara pada abad ke-16.

Baca Juga: Program Beasiswa Santri Dievaluasi

Istilah pesantren sendiri disebut-sebut merujuk pada tempat belajar bagi kaum intelektual Muslim yang dinamakan santri. Mereka mewarisi dan memelihara keberlanjutan tradisi keilmuan Islam sehingga sampai kepada dakwah Rasulullah SAW.

Sementara itu, dalam buku berjudul Tradisi Pesantren (2011), Zamakhsari Dhofier berpendapat genealogi istilah pondok pesantren. Pondok dari kata funduq yang dalam bahasa Arab berarti asrama.

Kata pesantren sendiri memiliki akar kata santri. Dhofier lalu mengutip pendapat beberapa ahli sejarah, salah satunya Profesor Johns yang menyebutkan kata santri berasal dari bahasa Tamil dengan arti `guru.'

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Sumbar Targetkan Produksi Padi 1,5 Juta Ton Tahun Ini

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:45 WIB

Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:27 WIB

Skema Berubah, Harga Gas 3 Kg Bakal Naik?

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:35 WIB

Laris Manis ! 5 Ide Bisnis Makanan Kekinian

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:43 WIB

PT Cimory Mulai Investasi di Sumbar Tahun Ini

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:36 WIB

Berikut Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:15 WIB

Ekonomi Sumbar Diprediksi Tumbuh 5 Persen pada 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:15 WIB

Pasar Murah di Kuranji Padang Diserbu Pembeli

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:45 WIB
X