Asyik! Keliling Sungai Kapuas Naik Kapal Kini Bisa Pakai DANA

- Minggu, 28 November 2021 | 11:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PONTIANAK, HARIANHALUAN.COM – Dompet digital DANA meneguhkan komitmennya dalam meningkatkan inklusi keuangan digital melalui upaya kolaboratif dengan berbagai ekosistem dan para pemangku kepentingan. Komitmen tersebut kali ini diwujudkan melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak untuk pemanfaatan dompet digital guna perluasan dan peningkatan transaksi nontunai di kota tersebut. Kerja sama ini sekaligus mendukung Kota Pontianak menjadi kota cerdas dan menjadi bagian dari upaya mewujudkan Indonesia Cashless Society.

Sungai Kapuas punya arti penting dan menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat Kalimantan Barat. Sungai terpanjang di Indonesia itu menjadi sarana transportasi murah yang menghubungkan daerah-daerah di Kalimantan Barat, khususnya daerah yang masih sulit diakses lewat jalur darat. Sungai Kapuas juga menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, termasuk mereka yang menyediakan layanan wisata susur Sungai Kapuas.

 Baca Juga: DANA Tawarkan Harga Pulsa Kompetitif

Menyusuri Sungai Kapuas dengan menggunakan kapal wisata memang banyak digemari wisatawan baik lokal maupun asing dan telah menjadi wisata unggulan Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tamasya melihat kehidupan dan aktivitas masyarakat di pesisir Sungai Kapuas itu bahkan tetap diminati, meski merebaknya pandemi Covid-19 membuat pengopersian kapal wisata harus dibatasi.

Dalam rangka mendukung pemulihan wisata air di Pontianak, khususnya susur Sungai Kapuas, dompet digital DANA bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Pontianak berinisiatif untuk menghubungkan kapal-kapal wisata di Sungai Kapuas dengan ekosistem digital. Digitalisasi kapal wisata Sungai Kapuas ini diwujudkan dengan mengimplementasikan QRIS DANA sebagai metode pembayaran di kapal tersebut.  

 Baca Juga: DANA Versi 2.0 Sudah Hadir, Tampilannya Jauh Lebih Keren!

“Peresmian QRIS DANA di Kapal Wisata Sungai Kapuas sebagai alat pendukung pembayaran digital merupakan bentuk nyata dukungan DANA terhadap digitalisasi UMKM Kota Pontianak dalam sektor pariwisata, sekaligus pelestarian nilai kebudayaan sarana transportasi lokal. Penggunaan QRIS DANA diharapkan dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi dan inovasi UMKM agar bangkit dalam menghadapi era ekonomi digital sekaligus pandemi COVID-19,” kata Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

Peluncuran penggunaan QRIS DANA sebagai metode pembayaran kapal wisata Sungai Kapuas dilaksanakan di Waterfront Kota Pontianak, tepatnya di atas Kapal Perintis Utama yang merupakan kapal percontohan QRIS DANA. Kapal Perintis Utama ini dimiliki oleh Pak Epen dan menjadi kapal wisata pertama di Sungai Kapuas. Menurut data Dinas Pariwisata Pontianak, saat ini ada sekitar 11 kapal wisata susur Sungai Kapuas dengan model dua lantai yang bisa menampung sekitar 100 wisatawan.

Agustina menambahkan, DANA terus berupaya untuk bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Pontianak, agar semakin banyak UMKM yang go digital. DANA hadir secara inklusif melalui QRIS pada fitur DANA Bisnis agar pelaku UMKM di Kota Pontianak dapat melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan praktis dan nyaman. Fitur QRIS DANA merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dengan pertumbuhan transaksi mencapai 267% di bulan Oktober 2021 secara year on year.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Kemenkeu Ramalkan Ekonomi 2022 Tumbuh 5,8 Persen

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:55 WIB

IIMS 2022 Kejar Target Transaksi Rp3 Triliun

Sabtu, 15 Januari 2022 | 08:45 WIB

Pemula Wajib Tahu ! Jenis-Jenis Saham dan Contohnya

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:01 WIB

Generasi Milenial Wajib Coba 5 Ide Bisnis Ini

Jumat, 14 Januari 2022 | 10:38 WIB
X