Melalui Aplikasi, Pelaku UMKM Solok Selatan Peroleh Angka Pengenal Impor

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:03 WIB
Melalui Aplikasi, Pelaku UMKM Solok Selatan Peroleh Angka Pengenal Impor
Melalui Aplikasi, Pelaku UMKM Solok Selatan Peroleh Angka Pengenal Impor

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Seorang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Solok Selatan, Yossi Melda mengatakan izin usaha yang diterbitkan melalui aplikasi Online Single Submission (OSS RBA) oleh Pemerintah daerah Kabupaten ini berlaku sebagai Angka Pengenal Impor (API-P) diseluruh wilayah Indonesia.

"Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) tersebut juga sebagai hak akses kepabeanan dalam menjalankan usaha," ujarnya pada Sabtu (4/12/2021).

Selain itu juga berguna untuk pendaftaran kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan. Baca Juga: Dorong Pelaku Usaha, Solok Selatan Fasilitasi Izin 191 UMKM

"NIB ini merupakan izin usaha tunggal yang berlaku sebagai sertifikasi jaminan produk halal berdasarkan pernyataan mandiri pelaku usaha setelah peroleh pembinaan dan pendampingan proses produk halal dari pemerintah," sebutnya.

Sebelumnya, DPMPTSP Solok Selatan menerbitkan NIB 191 pelaku UMKM melalui aplikasi Online Single Submission (OSS RBA).

Penerbitan izin tersebut, aplikasi OSS-RBA sendiri merupakan milik Kementerian Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal.

"Tidak hanya mensosialisasikan perizinan OSS RBA, kita juga langsung dampingi para pelaku UMKM untuk penerbitan izin berusahanya," kata Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Solok Selatan, Firdaus Firman, Jumat (3/12/2021).

Pihaknya juga memberikan pemahaman tentang pentingnya perizinan dan non perizinan berusaha yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha mikro dan kecil dan tata cara untuk mendapatkan izin usaha melalui aplikasi OSS-RBA. 

"Para pelaku usaha langsung mendaftarkan usahanya pada sistem OSS-RBA dan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Tiket Pesawat Meroket, Kemenhub Sentil Bos Garuda

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Ini Dia 5 Terkaya di Dunia, Siapa Sajakah?

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:02 WIB

Waspada Dampak Ekonomi Akibat Konflik China-Taiwan

Senin, 8 Agustus 2022 | 08:48 WIB
X