Sebentar Lagi Berlaku, Transfer Antar Bank Cuma Kena Rp 2.500 

Heldi Satria
- Senin, 6 Desember 2021 | 13:25 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HARIANHALUAN.COM - Pada bulan ini, Bank Indonesia (BI) akan menerapkan tarif transfer antar bank maksimal sebesar Rp 2.500 per transaksi. Nasabah bisa menggunakan layanan ini di semua kanal perbankan.
"BI fast payment, akan mulai implementasi awal Desember 2021 ini," ungkap Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo beberapa waktu lalu

Dalam tahap awal ini dipastikan ada 22 bank yang siap berpartisipasi. Kemudian tahap selanjutnya ada tambahan di awal tahun depan.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendrata menjelaskan transaksi yang dilakukan melalui BI Fast bersifat real time, dan nasabah bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja, selama 24 jam 7 hari. Adapun jumlah dana maksimal yang bisa ditransferkan senilai Rp 250 juta.

Baca Juga: Ustaz Zacky Mirza Alami Kecelakaan Saat Perjalanan Dakwah di Aceh

Kendati demikian, pada transaksi di kanal ATM dan instrumen uang elektronik serta APMK, layanan BI Fast belum tersedia, dan akan diperluas pada layanan berikutnya.

Nasabah pun nantinya bisa melakukan layanan transfer uang hanya dengan menggunakan nomor seluler atau handphone (HP) dan alamat email, melalui proxy address.

Syarat untuk bisa menggunakan layanan BI Fast melalui nomor HP atau alamat email, nasabah yang akan melakukan transaksi dan menerima transaksi harus mendaftarkan terlebih dahulu di bank peserta.

Filianingsih mengungkapkan, transfer uang hingga Rp 250 juta ini menjadi pilihan nasabah, apakah mau menggunakan BI Fast, atau tetap menggunakan Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dan Real time gross settlement (RTGS), layanan yang selama ini tersedia.

"Kalau mau transfer itu bisa tetap selain menggunakan BI Fast. Bisa menggunakan SKNBI, RTGS. Terserah mau yang mana. Itu pilihannya mau menyelesaikannya dengan apa. Tapi di depannya itu masing-masing bank dengan apps-nya sendiri silahkan, kita mendukung inovasi," jelas Fili.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Mengenal Berbagai Macam Aktivitas Ekonomi Indonesia

Kamis, 27 Januari 2022 | 11:41 WIB

Waduh! Harga Jagung Diprediksi Anjlok

Kamis, 27 Januari 2022 | 09:55 WIB

7 Ide Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Tanpa Modal

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:42 WIB
X