Hati-hati, 4 Menu Sarapan Ini Berbahaya bagi Pria Jika Berlebihan

- Selasa, 19 November 2019 | 10:17 WIB

KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Kesehatan sperma jelas harus dijaga demi kelangsungan kehidupan seksual yang sempurna, terutama saat pasangan suami-istri tengah menanti buah hati. Salah satu cara menjaganya bisa melalui makanan yang dikonsumsi.

Ada makanan-makanan tertentu yang diketahui dapat 'membunuh' kualitas sperma dan menurunkan jumlahnya. Seorang pria disebut memiliki jumlah sperma yang sedikit apabila memiliki lebih rendah dari 39 juta sperma per ejakulasi, yang disebut dengan kondisi oligospermia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut menu sarapan yang sebaiknya jangan berlebihan untuk menjaga sperma:

1. Produk susu

Biasanya susu menjadi salah satu asupan yang selalu dikonsumsi di pagi hari. Namun, susu tinggi lemak diketahui mengandung esterogen karena berasal dari binatang. Beberapa sapi juga disuntikkan steroid untuk meningkatkan produksi susu yang juga bisa memengaruhi kualitas sperma.

Selain susu berlemak, produk susu lainnya seperti krim atau keju sebaiknya dihindari.

2. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, bakso, atau ham tak hanya mengancam kesehatan jantung tapi juga bisa menyebabkan jumlah sperma menurun dan bahkan menurunkan motilitas (kecepatan gerakan) sperma.

Pria yang sering mengonsumsi makanan cepat saji yang berisi daging olahan memiliki sekitar 25,6 juta sperma lebih sedikit daripada pria yang hidup vegetarian. Sementara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan 39 juta sperma atau lebih adalah jumlah yang normal.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Sumbar, Salah Satu Jalur Rempah di Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:52 WIB

90 Koperasi di Sumbar Ajukan Konversi ke Syariah

Minggu, 24 Oktober 2021 | 09:15 WIB

China Krisis Energi, Indonesia Jadi Kebanjiran Untung

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:10 WIB

Duh! Harga Alphard Nyungsep hingga Rp1,5 Miliar

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:20 WIB

Investor Saham Sumbar Kembali Naik, Jadi 43.763 SID

Jumat, 22 Oktober 2021 | 12:35 WIB
X