Dalam Setahun, Konsumsi Beras Sumbar 97 Kg Per Kapita

- Selasa, 21 Desember 2021 | 16:45 WIB
Pedagang beras di Padang
Pedagang beras di Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efendi mengatakan saat ini konsumsi beras daerah itu lebih tinggi dari nasional. Konsumsi besar Sumbar 97 kg perkapita pertahun, sementara konsumsi rata-rata nasional 93 kg perkapita pertahun.

Konsumsi beras dan karbohidrat berlebih menurutnya membahayakan kesehatan. Banyak penyakit yang berawal dari konsumsi beras karena itu penting untuk mulai menggalakkan konsumsi pangan lokal.

Baca Juga: Mendag: Pemerintah tak Lagi Izinkan Impor Beras Umum Sejak 2018

"Karena itu kami mengajak semua pihak untuk mengkonsumsi pangan lokal untuk mengurangi konsumsi beras," ujarnya saat acara Talkshow Diversifikasi Pangan Lokal dengan tema "mewujudkan keluarga sehat dengan konsumsi pangan lokal" di Padang.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, makanan yang sehat menjadi salah satu faktor untuk menjaga kesehatan karena itu masyarakat didorong untuk memanfaatkan pangan lokal yang sehat dan ada di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Asli Chaidir Berikan Bansos Beras Bagi Warga Padang, Hendri Septa: Alhamdulillah

"Makanan sehat itu tidak mahal dan tersedia di sekitar kita sehingga tidak sulit untuk didapatkan. Hanya saja, tampilannya kadang memang kurang menarik. Ini yang harus dicarikan solusi," kata Mahyeldi.

Ia mengatakan modivikasi pangan lokal sehingga tampilannya menarik akan bisa menjadi solusi sehingga konsumsi naik dan mengurangi konsumsi beras.

Diversifikasi pangan juga penting untuk dilakukan. Selain menggunakan pangan lokal, tahapan menghidangkan makanan juga bisa menjadi solusi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

5 Pelawak Terkaya di Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:47 WIB

5 Pilihan Saham Properti yang Menarik

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:40 WIB

Sah! BNI Resmi Akuisisi Bank Mayora

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:21 WIB

5 Tips Investasi Bagi Pekerja Kantoran

Rabu, 18 Mei 2022 | 23:48 WIB
X