Cara Menghemat Tagihan Listrik, Ayo Dicoba!

- Rabu, 11 Maret 2020 | 20:28 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Membengkaknya biaya tagihan listrik bikin keuangan bulanan tekor. Makanya, pemakaian listrik mesti dikontrol agar tak bikin kantong jebol.

Mengutip USNews, Rabu (11/3/2020), biaya penggunaan listrik sesungguhnya bisa ditekan. Ada beberapa cara agar bisa mengirit tagihan listrik di rumah.

1. Membersihkan Peralatan Elektronik

Debu yang menyumbat komponen-komponen kulkas atau AC membuat kinerjanya lebih berat. Dampaknya butuh pemakaian listrik lebih banyak untuk proses pendinginan. Sebaiknya, bersihkan kulkas dan AC secara rutin supaya alat-alat tersebut bekerja optimal.

2. Ganti Filter AC

Saringan bertugas menghalangi kotoran masuk ke dalam AC. Jika saringan sudah jelek, kotoran lolos ke dalam mesin dan menyebabkan kinerja AC lebih berat. Dengan begitu boros listrik. Makanya sering-seringlah cek filter jika sudah terlalu lama.

3. Gunakan Kipas Angin

Kipas angin menyedot energi lebih sedikit daripada AC. Menggunakan kipas angin di ruang keluarga atau ruang tamu sebagai pengganti AC tentunya akan menekan biaya penggunaan listrik. Peralatan tersebut juga bisa bikin suhu ruangan jadi adem.

4. Tanam Pohon di Rumah

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Usai PPKM, Mal Butuh Waktu 3 Bulan untuk Pulih

Minggu, 25 Juli 2021 | 03:05 WIB

Bappebti Blokir 109 Situs Investasi Bodong

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:42 WIB
X