Wajib Tahu! Ini Beda Pertalite, Premium dan Pertamax

- Minggu, 26 Desember 2021 | 21:35 WIB
Bahan Bakar Murah Premium dan Pertalite Akan dihapuskan Oleh Pemerintah Tahun 2022  (Instagram/pertamina)
Bahan Bakar Murah Premium dan Pertalite Akan dihapuskan Oleh Pemerintah Tahun 2022 (Instagram/pertamina)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewacanakan penghapusan dua jenis bahan bakar minyak (BBM), yakni Premium dan Pertalite.

Premium rencananya akan terlebih dahulu dihapus, dan Pertalite akan menjadi Premium selama masa transisi.

Baca Juga: Ini Alasan Pemerintah Segera Hapus Premium & Pertalite

Kemudian setelah masa transisi selesai, Pertalite juga akan dihapus. Sebagai gantinya, pengguna kedua jenis BBM itu akan beralih Pertamax.

Penghapusan Premium dan Pertalite dilakukan dalam rangka memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan BBM yang ramah lingkungan.

"Kita memasuki masa transisi di mana Premium (RON 88) akan digantikan dengan Pertalite (RON 90), sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan," ujar Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Soerjaningsih, dikutip dari laman migas.esdm.go.id melalui Kompas.com, Minggu (26/12/2021).

Baca Juga: Pengumuman! Harga BBM Pertamax Dex dan Turbo Naik, di Sumbar jadi Segini

Lebih lanjut, Soerja mengungkapkan, Pemerintah tengah menyusun roadmap BBM ramah lingkungan, di mana nantinya Pertalite juga akan digantikan dengan BBM yang kualitasnya lebih baik.

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax," katanya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

Sosok Murat Ulker Orang Terkaya di Turki

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:58 WIB
X