XL Axiata Terus Perkuat Jaringan Data di Sumatera

- Rabu, 29 Desember 2021 | 20:07 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wilayah Sumatera dan kepulauan di sekitarnya menjadi wilayah layanan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang mengalami pertumbuhan penggunaan layanan data paling pesat di luar Jawa. Hingga saat ini jumlah pelanggan di wilayah Sumatera mencapai sekitar 20 persen dari total pelanggan XL Axiata. Dari jumlah tersebut, lebih dari 88 persen nya merupakan pelanggan data.

Selaras dengan pertumbuhan jumlah pelanggan data, trafik penggunaan layanan data juga meningkat signifikan dibandingkan periode setahun sebelumnya. Menyikapi pertumbuhan tersebut, XL Axiata terus memperkuat jaringan data di hampir seluruh wilayah Sumatera, hingga ke area-area yang termasuk remote area, terutama jaringan 4G LTE. Dan XL Axiata juga akan terus memperluas layanan 5G di Sumatera yang saat ini bisa dinikmati di XL Center Diponegoro Medan, secara bertahap bisa dinikmati di lebih banyak lokasi di Sumatera.

Baca Juga: XL Axiata Perluas Layanan di Sumatra

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, peningkatan permintaan pelanggan dan masyarakat Sumatera atas layanan XL Axiata bisa dibilang sangat tinggi. Kondisi ini terjadi hampir merata di semua provinsi.

"Masyarakat semakin memahami manfaat positif dari tersedianya layanan data dan internet cepat, terutama dari layanan XL Axiata yang memang menawarkan benefit lebih buat pelanggan. Karena itu, kami juga tidak ragu untuk terus membangun jaringan data 4G LTE di hampir semua provinsi di Sumatera. Pembangunan tersebut akan terus berlanjut di tahun 2022 kedepan," tuturnya.

Baca Juga: XL Axiata Dukung Vaksinasi Pelajar dan Mahasiswa di Sumbar

Menurut Desy, kebutuhan layanan data semakin meningkat terlebih pada masa pandemi yang terjadi hingga saat ini, lonjakan trafik yang sangat signifikan beberapa waktu lalu di berbagai area di Sumatera merupakan bukti tingginya kebutuhan pelanggan dan masyarakat atas layanan XL Axiata.

"Selain itu, kenaikan trafik tersebut juga menunjukkan kualitas layanan dan jaringan XL Axiata hingga di kota-kota pelosok Sumatera. Saat itu, selama layanan data dan trafik meningkat pesat, namun hampir sama sekali tidak terjadi gangguan jaringan yang berarti," kata Desy.

Hingga akhir September 2021, tercatat sebanyak lebih dari 15 ribu BTS 4G telah melayani pelanggan di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya. Sepanjang 9 bulan di 2021 tersebut, XL Axiata telah membangun sebanyak lebih kurang 3.700 BTS 4G di seluruh Sumatera. Provinsi dengan jumlah BTS 4G terbanyak adalah Sumatera Utara dengan sekitar 4 ribu BTS 4G .Selanjutnya Sumatera Selatan dengan hampir 2.100 BTS 4G. Pembangunan BTS 4G di suatu area ditentukan terutama oleh trafik atau permintaan di area tersebut.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X