DPRD Kota Padang: Pengusaha Jangan 'Membonceng' Corona untuk PHK Karyawan

- Senin, 13 April 2020 | 16:07 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang meminta pengusaha tidak memutus hubungan kerja (PHK) terutama di sektor-sektor yang rentan terdampak pandemi global corona virus (Covid-19).

"Pekerja di sektor pariwisata dan perhotelan sudah terdampak akibat tingkat kunjungan yang semakin menurun. Jangan 'membonceng' musibah Corona untuk melakukan PHK pada pekerja," ujar anggota DPRD Kota Padang Pun Ardi, Senin (13/4).

Dia mengatakan, jangan melakukan PHK pada pekerja pada situasi sulit seperti saat ini. Perintah UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menyebutkan, bahwa pemerintah dan pengusaha dengan segala upaya harus sedapat mungkin menghindari terjadinya PHK.

Menurutnya, harus ada upaya konkrit yang dilakukan untuk mengurangi risiko yang akan diderita pekerja. Ia mengingatkan, perusahaan yang membuat kebijakan bekerja di rumah atau meliburkan pekerjanya, maka upahnya harus tetap dibayar penuh. Hal itu penting, agar para pekerja tetap memiliki daya beli dan tidak kehilangan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Selain itu, pemerintah bisa memberikan insentif bagi masyarakat kecil agar ketika saat pembatasan sosial, rakyat tetap memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya," katanya. 

Senada, anggota DPRD Kota Padang Faisal Nasir menegaskan, pelaku usaha tetap mengedepankan masalah kemanusiaan dengan memberlakukan protokol pencegahan penyebaran virus Corona sesuai dengan arahan pemerintah. 

“Masalah kemanusiaan didahulukan. Ada yang memang bisa dikerjakan di rumah, tapi ada yang tidak bisa, tidak semuanya harus di rumah, atau yang mengharuskan hadir tetap harus hadir karena kalau tidak produksi tidak jalan dan itu merugikan. Di atas segala-galanya masalah kemanusiaan dinomorsatukan. Jangan nanti ekonomi oke, tapi jangan sampai wabah ini tidak terkendali,” lanjutnya.(*)

Editor: Administrator

Terkini

Strategi Supaya Pelaku UMKM Tetap Eksis dan Dikenal

Selasa, 28 September 2021 | 13:54 WIB

Ini Sederet Masalah Ekspor di Sumbar

Senin, 27 September 2021 | 13:08 WIB

Perlu Tahu! 3 Mobil yang Kurang Laku di Indonesia

Minggu, 26 September 2021 | 08:35 WIB

DANA Tawarkan Harga Pulsa Kompetitif

Jumat, 24 September 2021 | 16:30 WIB
X