Siap-siap! Pemerintah Sebar 11 Juta Liter Minyak Goreng dengan Harga Rp14.000

- Jumat, 31 Desember 2021 | 19:30 WIB
Mendag Muhammad Lutfi. Pasar Ekspor Nasional Dilepas Mendag Lutfi dari Jakarta : Ekonomi Mulai Pulih Harus Dirawat . (Kemendag/Carva)
Mendag Muhammad Lutfi. Pasar Ekspor Nasional Dilepas Mendag Lutfi dari Jakarta : Ekonomi Mulai Pulih Harus Dirawat . (Kemendag/Carva)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengakui bahwa komoditas pangan mengalami kenaikan di beberapa bulan yang lalu hingga dipenghujung 2021. Menurutnya beberapa komoditas yang merangkak naik antara lain minyak goreng, cabai dan telur.

Terkait naiknya harga minyak goreng, Ia bersama jajarannya akan melakukan intervensi 11 juta liter yang akan digelontorkan seharga Rp 14.000 di pasaran.

Baca Juga: Buruan! Sinar Mas Agribusines Jual Minyak Goreng Harga Terjangkau

"Ada beberapa yang memang naik yaitu minyak goreng, cabe dan telur. Minyak goreng, kita sudah intervensi 11 juta liter akan kita gelontorkan di (harga) Rp14.000 supaya tercapai daya beli masyarakat," kata Lutfi di Istana dikutip dari Okezone.com, Jumat (31/12/2021).

Cara lain guna mengatasi tingginya harga minyak goreng curah yang memberatkan masyarakat, Mendag bersama jajaran terkait telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Perekonomian untuk merealisasikan pemberian subsidi minyak goreng dengan menggunakan dana pungutan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Emak-emak! Pemerintah Jual Minyak Goreng Rp14.000

"Kami sudah koordinasi dengan Kementerian Koordinator Perekonomian akan beri subsidi dari BPDP KS, sedang dalam proses karena kita sudah uji coba mekanisme subsidi," terangnya.

Terkait telur, dia menjelaskan, jika dilihat dari Januari hingga Desember harganya masih di bawah harga acuan Kementerian Perdagangan di rata-rata Rp 24 ribu.

Menurut Lutfi, hal ini di picu oleh geliat industri hotel, restoran dan katering yang mulai aktif memanfaatkan telur ayam sebagai bahan pangan yang dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Sosok Murat Ulker Orang Terkaya di Turki

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:58 WIB
X