Cegah Penyebaran Covid-19, Sebagian Pasar Payakumbuh Bakal Ditutup

- Minggu, 3 Mei 2020 | 18:49 WIB

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Terus meningkatnya jumlah kasus positif warga Kota Payakumbuh yang terkena Corona atau Covid-19, menjadi perhatian serius dari pemko setempat serta tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah itu.

Pemerintah kota berencana bakal melakukan penutupan Pusat Pasar Payakumbuh untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang telah banyak menelan korban nyawa di berbagai negara itu.

Rencana untuk melakukan penutupan Pusat Pasar Payakumbuh, terutama yang berdekatan dengan toko salah seorang warga yang positif Corona itu, disampaikan Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh melalui Sekretaris Daerah, Rida Ananda kepada wartawan Minggu 3 Mei 2020.

Menurut dia, sejumlah titik pasar yang akan ditutup tersebut, mulai dari Eks. Bioskop Kencana-Kawasan Toko Emas Tinggi (Kawasan/deretan toko Mas Asia), deretan Es Tebak Pak Bahar, Jalan A. Yani, seputaran Toko Mas Rambuti, seputaran Soto Che, pasar buah-buahan dekat pos polisi. Rencana penutupan itu akan mulai diberlakukan esok hari atau Senin dan akan terus dilakukan evaluasi.

“Memang, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, kita akan melakukan penutupan di beberapa titik Pusat Pasar Payakumbuh. Untuk pedagang buah akan kita pindahkan ke pasar tradisional Ibuah,” ujar Rida Ananda.

Ia juga menambahkan, penutupan itu akan dimulai esok (Senin.red) dan akan terus dievaluasi. Pemko Payakumbuh menurut mantan kabag humas, camat dan kepala Bappeda itu, akan terus melakukan evaluasi penutupan pasar sesuai yang diusulkan oleh pengurus salah satu ikatan pedagang pasar di Payakumbuh. Pihaknya juga mengapresasi usulan dari pengurus pasar tersebut.

“Pemko menyampaikan apresiasi terhadap langkah pengurus ikatan pedagang yang ikut memutus mata rantai penyebaran virus corona. Untuk itu akan diberlakukan hingga Jumat atau Sabtu depan, dan akan terus kita evaluasi, sebab akan berdampak pada ekonomi masyarakat,” tutur Rida.

Saat dilakukannya penutupan tersebut, dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Pemerintah Kota Payakumbuh meminta warga dan pedagang untuk memahami langkah yang dilakukan pemko. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Naik Tipis, Harga Emas Hari Ini Rp930.000 per Gram

Kamis, 28 Oktober 2021 | 14:10 WIB

Siang Ini Rupiah Belum Beranjak dari Rp 14.200/US$

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:26 WIB

Ini Dia Kunci Keberhasilan Perbankan Masa Depan

Rabu, 27 Oktober 2021 | 23:27 WIB

XL Axiata Terus Kembangkan Aplikasi Laut Nusantara

Rabu, 27 Oktober 2021 | 23:25 WIB

Ini Penyebab Harga Gambir Jeblok di Sumbar

Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:41 WIB
X