Yuk Kenalan dengan Bisnis Model Kanvas

- Rabu, 5 Januari 2022 | 09:50 WIB
Model Bisnis Kanvas (Ghina Atika)
Model Bisnis Kanvas (Ghina Atika)

Bisnis model kanvas merupakan sebuah alat dalam strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur dan keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual. Model bisnis melalui pendekatan kanvas dikembang oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur ini disajikan dalam bentuk visual berupa suatu kanvas lukisan sehingga sangat memudahkan untuk dimengerti oleh pembacanya, sehingga banyak perusahaan menerapkan bisnis model kanvas pada bisnis mereka.

Bisnis model canvas sangat terstruktur dalam membuat strategi bisnis sehingga dapat dengan mudah dijalankan. Bisnis model canvas ini bisa menjadi inspirasi bagi pengusaha untuk merancang  bisnisnya. bisnis model canvas sudah banyak digunakan di perusahaan besar seperti Amazon, Honda, Toyota, dan Hyundai.

Pada buku “Business Model Canvas penerapan di Indonesia” (2012) oleh Tim PPM Manajemen yang ditulis berdasarkan buku “Bisnis Model Generation” (2010) oleh Osterwalder dan Pigneur terdapat 9 elemen dalam bisnis model canvas yang saling berkaitan, yaitu :

  • Customer Segments

Customer segments merupakan bentuk pembedaan kelompok manusia atau organisasi untuk menentukan tujuannya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepuasan pada para pelanggan  yang mana dibutuhkan segmentasi agar dapat lebih fokus dalam mengembangkan strategi bisnis untuk segmen pelanggan tertentu sesuai dengan karakteristik, kebiasaan dan kebutuhannya.

  • Value Propositions

Value Propositions merupakan kumpulan dari produk dan layanan yang bisa ditawarkan sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan. Value proposition juga memberikan nilai lebih yang tercipta dari berbagai elemen seperti sesuatu yang baru, kustomisasi, desain, merek, harga, akses dan kenyamanan.

Baca Juga: Tahun 2022, Ini 5 Bisnis Paling Menjanjikan

  • Chanels Channel

Chanels Channel merupakan media suatu perusahaan membangun dan menjalin hubungan untuk mencapai segmentasi pelanggan dalam memberikan value proposition.

  • Customer Relationships

Customer Relationships bertujuan untuk menjamin kelangsungan dan keberhasilan suatu bisnis. Customer Relationships merupakan pembinaan hubungan dan bertujuan mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, menawarkan produk baru kepada pelanggan lama.

  • Revenue Streams

Revenue Streams merupakan cara yang dilakukan perusahaan untuk mendapat keuntungan dari bisnis yang berjalan sesuai dengan segmentasi pelanggan yang ada, dengan cara menjual produk atau jasa dengan harga yang sesuai. Revenue Streams atau aliran dana masuk mengambaran bagaimana perusahaan memperoleh uang dari setiap Customer segment.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: Dian Permana Jingga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Deretan Saham Diprediksi Berkilau Minggu Ini

Selasa, 17 Mei 2022 | 21:07 WIB

Hari Ini 13 Mei 2022, IHSG Melorot ke 6.597

Jumat, 13 Mei 2022 | 22:08 WIB
X