Pemerintah Guyur 11 Juta Liter Minyak Goreng ke Pasar untuk Tekan Harga

- Rabu, 5 Januari 2022 | 21:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 


HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menegaskan upaya menekan harga minyak goreng yang hingga hari ini masih cukup tinggi terus dilakukan. Salah satunya adalah menggelontorkan 11 juta liter minyak goreng melalui operasi pasar. Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, dari 11 juta liter yang disiapkan, sebanyak 4 juta liter telah digelontorkan ke pasar.

"Sampai hari ini kita masih mengadakan operasi pasar untuk 11 juta liter minyak goreng di 47.000 gerai pasar modern. Hari ini sudah mencapai 4 juta (liter). Jadi 7 jutanya on going," ujar Mendag dalam media briefing di Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Lutfi menambahkan, proses produksi minyak goreng kemasan juga akan segera dilanjutkan. Minyak goreng dalam kemasan itu merupakan bagian dari 7 juta liter minyak goreng yang akan disebar. Kemendag bersama jajaran terkait akan mengusahakan proses produksi bisa berlangsung awal pekan depan.

Baca Juga: OTT di Bekasi, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Ditangkap KPK

"Kita akan mulai mudah-mudahan produksi akan segera berlangsung tidak akan lebih lama dari pada awal minggu depan. Sehingga, akhir minggu depan mencapai hampir seluruh pasar yang dipantau oleh Kementerian Perdagangan," tegas Mendag.

Penyediaan minyak goreng kemasan sederhana merupakan respons pemerintah terhadap kenaikan harga minyak goreng belakangan ini. Untuk memastikan keberlanjutan ketersediaan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter, pemerintah akan menggunakan instrumen subsidi yang berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit.

Baca Juga: Terjerat Kasus Sabu, Petani di Padang Pariaman Ini Diciduk Polisi

Untuk diketahui, harga minyak goreng saat ini meroket dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dunia yang naik menjadi USD1.340/MT. Kenaikan harga CPO yang merupakan bahan baku minyak goreng ini menyebabkan kenaikan harga yang cukup signifikan di produk akhir. Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan per 3 Januari 2022, harga minyak goreng curah tercatat sebesar Rp17.900 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp18.500 per liter dan minyak goreng premium seharga Rp20.300 per liter. (*)

 

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

5 Pelawak Terkaya di Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:47 WIB

5 Pilihan Saham Properti yang Menarik

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:40 WIB

Sah! BNI Resmi Akuisisi Bank Mayora

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:21 WIB

5 Tips Investasi Bagi Pekerja Kantoran

Rabu, 18 Mei 2022 | 23:48 WIB
X