Coba 5 Cara Ini untuk Mendapatkan Modal Usaha dengan Mudah

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 14:30 WIB
Modal Usaha (Ghina Atika)
Modal Usaha (Ghina Atika)

Modal adalah kumpulan barang atau uang yang digunakan untuk menjalankan sebuah usaha. Modal dalam sebuah usaha sangat diperlukan, namun yang lebih penting adalah bagaimana cara kita mengelola modal agar usaha berjalan lancar.

Modal usaha ada dua jenis yaitu modal aktif dan modal pasif. Biasanya modal aktif berupa tanah, gedung, mesin, kas, dan lain-lain. Sedangkan  modal pasif adalah modal yang didapat dari hasil meminjam baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Banyak pengusaha pemula yang bingung bagaimana cara mengumpulkan modal usaha. Berikut 5 cara mengumpulkan modal usaha dengan mudah :

  • Menyisihkan Gaji

Seseorang yang memiliki pekerjaan utama bisa menyisihkan gajinya untuk modal usaha. Namun, gaji yang dialokasikan untuk modal harus diperhitungkan dengan baik. Seimbangkan antara kebutuhan dan tabungan, kita bisa membaginya dengan persentase. Jika gaji seseorang  dalam persentasa adalah 100, maka  20-30%-nya bisa disisihkan untuk modal usaha.

 

  • Mencari Rekan Bisnis

 Rekan bisnis juga bisa membantu memperkuat ide usaha yang akan dikembangkan. Selain itu, rekan bisnis pastinya membantu meningkatkan jumlah modal yang akan digunakan dalam sebuah usaha. Dalam mencari rekan bisnis, kita harus bisa menemukan orang yang memiliki visi dan misi yang sama agar tidak terjadi perselisihan kemudian. Rekan bisnis yang memiliki visi dan misi yang sama juga membantu membuat sebuah usaha menjadi lebih kokoh keadaannya dan

 Baca Juga: Salurkan Bantuan Usaha, Sandiaga Uno Bersama RSK Geliatkan UMKM di Tengah Pandemi

  • Melakukan Investasi

 Imabalan hasil dari investasi bisa menjadi tabungan modal usaha. Investasi yang dapat memberikan imbalan besar seperti saham, emas, reksana dana, dan lainnya. Kita bisa menetapkan target hasil invesatasi dan jangka waktunya, hal ini membantu mengatur jumlah investasi yang akan kamu keluarkan setiap bulannya. Semakin besar modal investasi yang kita tanam pada awalnya, semakin besar juga jumlah return atau imbal hasil yang kita terima.

 

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: Finansialku.com, Ekonomi Bisnis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Intip 10 Saham yang Punya Dividen Besar

Selasa, 5 Juli 2022 | 22:36 WIB

Simak Penjelasan Mengenai Saham Preferen

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:53 WIB

Cara Mudah Daftar Online BLT UMKM 2022

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:28 WIB

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB
X