5 Cara Mengatur Keuangan Generasi Milenial

- Senin, 10 Januari 2022 | 22:35 WIB
Generasi Milenial (Ghina Atika)
Generasi Milenial (Ghina Atika)

Akhir-akhir ini banyak perbincangan mengenai generasi milenial. Namun tahukah anda apa itu generasi milenial? Simak penjelasannya.

Generasi milenial adalah generasi yang lahir sekitar tahun 1980 sampai tahun 2000-an. Generasi milenial biasanya memiliki perilaku yang berbeda dari generasi sebelumnya. Pada tahun 2020 34% dari penduduk Indonesia berisikan generasi milenial. Menurut Alvara Research Center generasi milenial memiliki potensi besar dalam mengembangkan bisnis.

Ciri-ciri generasi milenial Indonesia adalah kecanduan internet lebih dari 7 jam setiap hari. Milenial biasanya memiliki loyalitas rendah, ketika ada sesuatu yang lebih menarik maka mereka akan berpaling hati. Selain itu generasi milenial akrab dengan keadaan “dompet tipis”, bukan hanya tidak memiliki uang kebanyakan milenial senang transaksi non tunai.

Kebiasaan menggunakan non tunai seperti ini mengakibatkan banyak milenial yang tidak sadar bahwa simpanan uang mereka sudah menipis. Oleh karena itu, sebagai milenial kita harus mulai belajar untuk mengatur uang dengan benar. Berikut 5 cara mengatur keuangan untuk generasi milenial :

  • Memiliki Tujuan dan Rencana yang Jelas Mengenai Keuangan

 Dalam menggunakan uangnya milenial harus memiliki tujuan dan rencana yang jelas demi mengatur finansial yang akan digunakan. Metode yang mudah untuk mengatur keuangan adalah dengan membagi menjadi 50:30:20. 50% bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari, 30 % digunakan untuk tabungan, dan 20% untuk kebutuhan lainnya.

  • Mengecek dan Memastikan Jumlah Uang Di Rekening Secara Berkala

 Mengetahui jumlah uang di rekening bisa membuat diri kita lebih hati-hati ketika akan menggunakannya. Mengetahui jumlah uang juga membuat logika kita lebih bekerja dalam mengatur apa yang kita butuhkan dan tidak butuhkan. Jangan pernah menggunakan uang tabungan jika bukan untuk keperluan mendesak.

Baca Juga: Sekda Pesisir Selatan: Generasi Milenial Harus Miliki Kemampuan Literasi yang Tinggi

  • Jangan Berutang

 Sekarang banyak fitur pembayaran dengan embel-embel “pay later”. Metode pembayaran ini membuat kita jadi berutang dengan sebuah aplikasi. Metode pembayaran seperti ini memang sangat menggoda kita untuk terus berbelanja. Namun, setelah disadari kita akan banyak menumpuk utang dan terpaksa menyicil untuk melunasi utang kita.

  • Memiliki Dana Darurat

 Dana darurat yang dimiliki setiap individu berbeda-beda tergantung berapa orang yang menjadi tanggungannya serta berapa penghasilan yang dia peroleh. Memiliki dana darurat berguna untuk kebutuhan mendesak di masa depan. Dana darurat biasanya dimiliki 6 kali total pengeluaran dalam sebulan. Dana darurat yang disimpang jangan disentuh jika bukan dalam kondisi yang sangat membutuhkan

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: kemenkeu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Pelawak Terkaya di Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:47 WIB

5 Pilihan Saham Properti yang Menarik

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:40 WIB

Sah! BNI Resmi Akuisisi Bank Mayora

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:21 WIB

5 Tips Investasi Bagi Pekerja Kantoran

Rabu, 18 Mei 2022 | 23:48 WIB
X