7 Ide Bisnis Selama Pandemi

- Rabu, 12 Januari 2022 | 22:38 WIB
Bisnis Selama Pandemi (Ghina Atika)
Bisnis Selama Pandemi (Ghina Atika)

Ide bisnis adalah respon seorang indvidu atau organisasi untuk memecahkan masalah yang ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau pasar. Ide bisnis biasanya bersal dari keterampilan atau hobi seseorang.  Selain berasal dari internal individu itu sendiri, ada faktor eksternal yaitu pengalaman kerja seseorang atau melihat suatu permasalahan dari orang lain.

Ide bisnis harus dibangun dan dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk merespon kebutuhan dan merespon perubahan mode. Respon seorang pebisnis terhadap kebutuhan dan perubahan yang terjadi akan membuatnya menjadi pemimpin dalam dunia persaingan bisnis.

Ide dalam sebuah bisnis sangat penting dan dibutuhkan. Hal ini dikarenakan ide akan berdampingan dengan peluang usaha sehingga dapat menciptakan kreasi baru dalam sebuah usaha. Kreasi dalam sebuah usaha akan membawa keterbaharuan dalam dunia bisnis sehingga sebuah usaha dapat dijalankan.

Selama pandemic Covid-19 mungkin banyak masyarakat yang kebingungan mengenai usaha apa yang bisa dilakukan. Selain pembatasan yang terus dilakukan keadaan ekonomi juga tidak membaik. Berikut ini 7 ide bisnis selama pandemic :

  • Usaha Sembako

Sembako adalah salah satu peluang usaha yang dapat bertahan selama krisis Covid-19. Hal ini dikarenakan masyarakat pasti membutuhkan toko sembako untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Membuka usaha sembako juga tidak memerlukan modal yang besar. Selama pandemi jika memungkinkan bukalah usaha sembako yang menyediakan layanan antar.

Baca Juga: Tegas! Bahlil Cabut 19 Izin Usaha Tambang

  • Usaha Masker Kain

Di era new normal masyarakat diwajibkan untuk mengenakan masker ketika berada di luar rumah. Selain itu, sempat terjadi kelangkaan masker medis di pasaran akibat terjadi panic buying di masyarakat sehingga menyulitkan tenaga medis. Akibat tingginya kebutuhan masker, membuat beberapa pengusaha mulai berkreasi dalam membuat masker kain agar terpenuhinya masker pada masyarakat.

  • Bisnis Frozen Food

Frozen food merupakan makanan yang banyak diminati saat masa pandemi. Alasannya adalah makanan ini tahan lama dan juga praktis untuk dimasak. Adanya frozen food juga meminimalisir masyarakat untuk keluar rumah dengan alasan mencari makanan.

  • Catering Makanan

Catering makanan adalah salah satu peluang usaha yang menguntungkan selama pandemi. Selama pandemic Covid-19 masyarakat akan sangat berhati-hati dalam memilih makanan. Namun, jika usaha catering anda mematuhi protocol Kesehatan, menjaga kebersihan, dan memiliki cita rasa yang baik maka itu adalah kesempatan untuk anda mendulang keuntungan sebanyak-banyaknya.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: Ekonomi Bisnis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini 13 Mei 2022, IHSG Melorot ke 6.597

Jumat, 13 Mei 2022 | 22:08 WIB
X