Investasi Emas Digital Makin Diminati, Bagaimana Potensi Cuannya?

- Kamis, 13 Januari 2022 | 18:45 WIB
Ilustrasi emas antam (foto: SindoNews)
Ilustrasi emas antam (foto: SindoNews)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Emas sudah lama telah menjadi instrumen investasi yang dikenal dan sering digunakan. Saat ini, investasi emas dalam bentuk digital pun semakin diminati masyarakat.

Pada dasarnya emas digital sama saja dengan emas fisik. Yang membedakan yakni cara transaksi dan sistem penyimpanannya. Jika membeli emas fisik, pembeli akan mendapat emas tersebut sesuai dengan gramasi yang dibeli.

Baca Juga: Penampakan Uang Logam Pecahan Rp500.000 yang Terbuat dari Emas!

Sedangkan untuk emas digital, pembeli hanya mendapat faktur pembelian dan bukti kepemilikan, sementara perusahaan pengelola platform akan menyimpan emas fisiknya di fasilitas brankas perusahaan. Pembeli bisa melakukan pembelian dengan gramasi yang kecil yang bisa dikumpulkan hingga nanti bisa dicetak dengan gramasi tertentu.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira mengatakan emas digital bisa digunakan sebagai instrumen investasi yang mudah, terutama oleh generasi milenial karena bisa memulai investasi dengan nominal yang kecil.

Baca Juga: Harga Emas Naik, Ini Penyebabnya

“Bukan hanya mereka yang punya uang, sekarang pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran yang baru kerja, atau pengusaha yang level umkm sekarang bisa beli emas. Emas digital memang emas fisik tapi bisa dibeli dengan nominal yang kecil,” ujar Bhima saat webinar Keamanan Investasi Emas Digital Berlisensi BAPPEBTI, dikutip dari Kumparan.com, Kamis (13/1).

Dibanding emas konvensional, menurutnya emas digital lebih aman dan praktis. Selain itu, emas konvensional peredarannya relatif terbatas dan pasarnya kini mulai tergeser oleh emas digital.

Selain mudah, Bhima mengatakan investasi emas digital ini bakal menjanjikan karena menurutnya emas merupakan komoditi yang tahan terhadap gejolak inflasi. Dan untuk tahun 2022 ini, investasi emas akanl sangat menjanjikan, melihat inflasi global yang terjadi di berbagai sektor mulai dari pangan sampai energi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

5 Pelawak Terkaya di Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:47 WIB

5 Pilihan Saham Properti yang Menarik

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:40 WIB

Sah! BNI Resmi Akuisisi Bank Mayora

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:21 WIB

5 Tips Investasi Bagi Pekerja Kantoran

Rabu, 18 Mei 2022 | 23:48 WIB
X