Awas! Setelah Minyak Goreng dan Telur, Kini Giliran Gula Bakal Naik Harga

- Jumat, 14 Januari 2022 | 10:30 WIB
ilustrasi gula pasir. (suaramerdeka.com / dok
ilustrasi gula pasir. (suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah diminta segera turun tangan mengantisipasi potensi lonjakan harga gula di Tanah Air. Pasalnya, saat ini belum memasuki musim giling, sementara dalam 4 bulan ke depan sudah memasuki masa Ramadan.

"Pemerintah harus segera turun tangan dan mengantisipasi efek psikologisnya. Segera periksa stok di pedagang dan pabrik gula (PG). Harus segera ditangani sekarang untuk mengantisipasi Ramadan," kata Ketua Umum Ikatan Ahli Gula (Ikagi) Aris Toharisman dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Selain Gula, Inilah 7 Bahan Makanan Manis yang Bisa Kamu Gunakan

Menurut Aris, kenaikan harga gula saat ini dipengaruhi beberapa faktor. Yakni, gangguan cuaca dan efek domino pandemi yang menyebabkan produksi gula global terkendala. Hingga memicu lonjakan harga, sama seperti komoditas lainnya.

"Juga dipengaruhi efek libur Nataru. Sementara saat ini stok di PG sudah minim, kita nggak tahu stok di pedagang. Pada saat bersamaan, ada kemungkinan impor akan terlambat masuk. Dan, dugaan saya, ada yang menahan stok gulanya masuk ke pasar. Ini penyebab harga stabil tinggi di atas Rp13.000 per kg sejak tahun lalu," kata dia.

Baca Juga: Kemendag Bongkar Permainan Kotor 4 Distributor yang Bikin Harga Gula Mahal

Pemerintah sendiri sudah menerbitkan izin impor gula kristal putih (GKP) kepada BUMN. Yang ditujukan sebagai stok penyangga hingga Ramadan, dan pelaksanaan impor oleh BUMN.

Hanya saja, realisasi impor belum terjadi, dan diharapkan segera masuk setidaknya bulan Februari 2022 untuk mengatasi minimnya stok di dalam negeri.

Situs hargapangan.id (PIHPS) mencatat, harga rata-rata gula pasir lokal pada 13 Januari 2021 naik 1,1% dari sehari sebelumnya menjadi Rp13.750 per kg. Sementara, gula pasir premium di level Rp15.350 per kg.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB

Gencar Transaksi Afiliasi, Saham GoTo Meroket

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:54 WIB
X