Bagaimana Keadaan Ekonomi Global Awal Tahun 2022?

- Senin, 17 Januari 2022 | 21:18 WIB
Moneter (Ghina Atika)
Moneter (Ghina Atika)

Ekonomi Global di tahun 2022 masih terguncang karena ketidakstabilan di seluruh dunia. Saat ini ekonomi global sedang mengahadapi beberapa masalah, seperti kenaikan inflasi, kekurangan rantai pasokan, kekurangan tenaga kerja, kebutuhan energi yang tinggi, krisis real estat di China, dan virus Covid-19.

Dilansir dari Brink News James Politi mengatakan bahwa masalah terbesar ekonomi global di tahun 2022 ini adalah virus Covid-19. Pendemi ini menjadi penyebab terjadinya pengaturan ulang secara besar-besaran terhadap ekonomi global. Faktor lainnya yang disebabkan oleh virus Covid-19 adalah kematian, adanya mutasi virus baru, dan terjadinya lockdown kembali di beberapa wilayah. Hal seperti ini menyebabkan kemunduran dalam ekonomi global.

Amerika Serikat juga tidak luput dari guncangan ekonomi global di awal tahun 2022. Amerika Serikat merupakan salah satu negara terkuat dalam menopang ekonomi global. Presiden Amerika Serikat Joe Biden membuat motto “Bangun Kembali Lebih Baik” untuk membuat pertumbuhan ekonomi dan ketidaksetaraan di Amerika Serikat bisa terkendali lagi. Pasalnya akibat pandemi virus Covid-19 beberapa keadaan di Amerika Serikat juga tidak bisa diatur seperi sebelumnya.

Menurut Politi, Presiden Joe Biden berada di tempat yang cukup sulit karena harus melawan penyebaran virus di Amerika Serikat. Presiden Joe Biden sedang berusaha keras untuk memperbaiki keadaan ekonomi di Amerika Serikat. Politi berpendapat bahwa pihak pemerintah di Amerika Serikat akan mendorong lambatnya ekonomi selama pandemi dengan stimulus fiskal yang besar.

Keadaan ini cukup sulit bagi perekonomian di Amerika Serikat. Hal yang paling mengkhawatirkan adalah harga barang yang tinggi. Namun, keadaan di tahun 2022 sedikit memberi peluang karena inflasi turun ke angka 2% tetapi tidak ada perubahan besar di ekonomi saat ini.

Baca Juga: Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Nagari Talaok Pesisir Selatan Kembangkan Budidaya Ayam Kampung Unggul

Saat Amerika Serikat sibuk mengatasi masalah domestiknya, kekuatan ekonomi dunia lainnya juga mengalami hal serupa. Saat ini ekonomi negara China mengalami kemunduran. China merupakan negara dengan konsumen dan produsen komuditas terbesar di dunia. Jika ekonomi China sedang melemah maka akan menjadi pukulan bagi ekonomi global tahun 2022.

 

Ekonomi China yang melemah akan membuat banyak negara harus menyesuaikan dengan kondisi ekonomi ini. Jika keadaan ekonomi China dianggap menjadi serius, maka akan menjadi perhatian dunia. Sebab, ekonomi China yang melemah bisa menyebabkan resesi pada ekonomi global atau dampak lainnya yang serupa. Ditambah lagi masalah real estat di China yang sedang menjadi pusat perhatian saat ini.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: Brink News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Investasi Bagi Pekerja Kantoran

Rabu, 18 Mei 2022 | 23:48 WIB

Simak 4 Keuntungan Transaksi dengan Allo Bank

Rabu, 18 Mei 2022 | 23:14 WIB

Deretan Saham Diprediksi Berkilau Minggu Ini

Selasa, 17 Mei 2022 | 21:07 WIB
X