Diperpanjang! Diskon Pajak Mobil Baru Masih Berlaku pada 2022

- Selasa, 18 Januari 2022 | 10:45 WIB
Mobil baru, ilustr. (Ida Farida)
Mobil baru, ilustr. (Ida Farida)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menyebut diskon pajak mobil baru (PPnBM) akan diperpanjang penerapannya pada 2022. Ini dianggap akan menghidupkan kembali industri otomotif di berbagai aspek.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo telah menyetujui perpanjangan insentif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) untuk produk otomotif.

Mobil dengan harga jual di bawah Rp 200 juta atau LCGC (Low Cost Green Car) dikenakan PPnBM sebesar 3 persen, dan pemerintah akan menanggung seluruh PPnBM tersebut pada kuartal I 2022.

Baca Juga: Jokowi Setujui Perpanjangan Insentif PPnBM Mobil dan PPN Rumah

Merespons wacana ini, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto menyampaikan hal ini akan menghidupkan kembali dunia industri otomotif. Namun, ia pun mengatakan masih akan menunggu keputusan resmi pemerintah.

“Sebaik nya kita tunggu sampai Keputusan Pemerintah nya keluar. Pada prinsip nya Gaikindo menyambut baik perpanjangan stimulus PPNBM DTP tersebut,” katanya dilansir Liputan6.com, Selasa (18/1/2022).

Jongkie membeberkan sejumlah dampak positif dari perpanjangan diskon pajak tersebut. Ini diyakini akan menghidupkan berbagai sektor industri kendaraan tanah air.

“Karena dampak nya positif untuk penjualan otomotif, konsumen dapat membeli mobil dengan harga yang terjangkau, pabrik-pabrik mobil dan komponen kembali bekerja,” katanya.

Baca Juga: Sambut Insentif PPnBM, PLN Siapkan Infrastruktur hingga Diskon Tarif Isi Daya Mobil Listrik

“Pemasukan Pemerintah Pusat dari PPN juga sangat meningkat, walaupun untuk kendaraan-kendaraan jenis tertentu PPnBM nya tidak dipungut,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan 6

Tags

Terkini

Hari Ini 13 Mei 2022, IHSG Melorot ke 6.597

Jumat, 13 Mei 2022 | 22:08 WIB
X