Sandiaga Uno Bagi Tips Agar Bisnis Bisa Bertahan di Tengah Corona

- Sabtu, 22 Agustus 2020 | 08:35 WIB

HARIANHALUAN.COM - Pengusaha Sandiaga Uno memberikan tips untuk masyarakat yang memiliki agar bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19.
Dia menjelaskan masyarakat harus mampu beradaptasi di situasi pandemi ini.

"Pelajari marketnya, bagaimana perubahan yang terjadi di pasar kita. Bagaimana bisa melakukan adaptasi dengan akselerasi dan digitalisasi di usaha kita," kata dia dalam diskusi virtual 'Covid19 dan Resesi di Indonesia bersama Sandiaga Uno & Chandra Putra Negara' Jumat (21/8/2020).

Kemudian, meminjam istilah dalam permainan bola basket, Sandi mengatakan, pengusaha harus 'be ready to pivot'. Menurut Sandi hal ini dilakukan agar pengusaha bisa menemukan jalan lain ketika jalan yang biasa dilalui tertutup.

Selanjutnya jangan pernah menunda pekerjaan. Pengusaha harus mampu menjemput bola dan jangan pernah menunggu bola, harus proaktif menjemput rejeki.

Langkah selanjutnya, harus melihat krisis dari sisi bisnis model yang pernah terjadi sebelumnya. "Krisis ini bukan yang pertama dan bukan terakhir. Ada bisnis model yang sudah dipakai sebelumnya," jelas dia.

Menurut dia banyak orang-orang sukses yang akan membagikan pengalamannya dengan orang banyak. "Tidak ada orang sukses yang menutup cerita kesuksesannya, pasti mereka ingin berbagi. Karena sukses bersama lebih indah daripada sukses sendiri," jelasnya.(*)

Editor: Administrator

Terkini

Ini 8 Cara Mengatasi Masalah Keuangan

Senin, 2 Agustus 2021 | 08:39 WIB

Pekan Ini, Harga Minyak Dunia Naik sampai 3%

Minggu, 1 Agustus 2021 | 14:38 WIB
X