Macam-Macam Model Bisnis yang Wajib Diketahui

- Kamis, 20 Januari 2022 | 22:09 WIB
Model Bisnis (Ghina Atika)
Model Bisnis (Ghina Atika)

Ketika seseorang untuk membuka bisnis orang tersebut wajib mengetahui model bisnis apa yang akan di jalankan. Menentukan model bisnis artinya menetukan bagaimana usaha seseorang akan dijalankan nantinya, berapa modal yang diperlukan, dan besarnya peridiksi keuntungan yang akan didapatkan.

Model dan rencana bisnis adalah hal yang berbeda. Model bisnis lebih menekankan bagaimana bisnis bisa menghasilkan keuntungan yang banyak. Sedangkan rencana bisnis adalah bagaimana seseorang akan mengembangkan bisnis yang digelutinya.

Seiring berkembangnya zaman banyak sekali model bisnis yang digunakan. Awalnya model bisnis banyak berfokus pada produk atau jasa apa yang akan dijual, bagaimana cara pemasaranya, berapa besar modal yang akan dikeluarkan, dan bagaimana cara mendapatkan keuntungan. Beberapa model bisnis yang wajib diketahui oleh masyarakat yang ingin memulai bisnis, bisa disimak dibawah ini.

  • Waralaba

Sejak lama bisnis waralaba memang cukup populer di berbagai kalangan. Bisnis waralaba biasanya menawarkan konsep dan cetak biru dari perusahaan besar yang bisa dijalankan oleh pebisnis waralaba. Modal yang harus dikeluarkan oleh pebisnis bersifat dinamis tergantung merk dari waralaba yang dijalankan.

  • Freemium

Freemium banyak digunakan oleh pelaku bisnis software as a service atau SaaS. Bisnis model ini mengarahkan usaha atau bisnis bisa langsung mendapatkan profit atau keuntungan yang besar di masa depan. Secara sederhana SaaS akan mengembang fitur yang bisa diakses oleh penggunanya, namun jika ingin menggunakan akses yang leluasa harus berlangganan.

  • Marketplace

Di sektor teknologi, marketplace merupakan salah satu model  bisnis paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Dalam model ini, bisnis kita berperan menjadi tempat pertemuan antara penjual dan pembeli online. Dengan tujuan meningkatkan jumlah pengguna reguler, model bisnis ini awalnya ditawarkan secara gratis sehingga kita dapat membeli dan menjual langsung di sana. Namun, seiring berjalannya waktu, marketplace dapat menerapkan strategi demi mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Sederet Bisnis Bos MS Glow yang Jadi Sumber Kekayaannya

  • Dropship

Dropshipping adalah bentuk bisnis yang umum dalam bisnis online. Model ini sangat ramah bagi  pemula karena modal yang dibutuhkan tidak besar dan risiko yang minim. Anda juga tidak perlu memiliki toko fisik atau gudang karena produk akan dikirim langsung  dari pemasok ke  konsumen.  Keuntungan dari model ekonomi ini adalah selisih antara harga  yang dibayar konsumen kepada pemasok. Namun karena resiko yang minim  dan modal yang kecil keuntungan dari dropshipping ini relatif kecil.

  • Model Distributor

Distribusi adalah aktivitas utama perusahaan yang mengoperasikan model ini. Mereka tidak memproduksi barang sendiri, tetapi menjadi distributor produk yang dijual ke pasar. Perusahaan distribusi ini bermitra dengan perusahaan manufaktur untuk mendistribusikan produknya.  Pasar model bisnis ini luas karena bisa mengantarkan barang B2B atau B2C, tergantung jaringan yang dimiliki. Secara teknis, perusahaan distribusi ini dapat memasarkan beberapa produk sekaligus atau menjadi distributor satu jenis/merek tertentu saja. Salah satu perusahaan distribusi besar di Indonesia adalah PT. TAM adalah distributor produk untuk smartphone. TAM merupakan mitra distribusi bagi sejumlah perusahaan manufaktur asing seperti Xiaomi, Samsung dan Blackberry. Untuk mendapatkan keuntungan, distributor ini membeli produk dalam jumlah besar dan menjualnya kembali ke pengecer dengan harga lebih tinggi.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: Bukalapak

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sosok Murat Ulker Orang Terkaya di Turki

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:58 WIB

Simak Begini Sejarah Saham MTEL

Selasa, 24 Mei 2022 | 14:33 WIB

Begini Proses dan Cara Kerja Buyback Saham

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:28 WIB
X