PSBB Total Jakarta, Tidak akan Berdampak Besar pada UMKM

- Jumat, 11 September 2020 | 17:30 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - UMKM dinilai lebih cepat recovery dan optimisme tinggi di masa sulit, termasuk menghadapi rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total di Jakarta. Rencana tersebut bahkan dinilai tidak akan memberikan dampak besar bagi UMKM karena sudah memiliki pengalaman. 

Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Supari mengatakan PSBB kali ini tidak akan banyak menggangu bisnis UMKM seperti di masa awal penerapannya Maret-April.

Optimisme UMKM bisa lebih bertahan meski ada PSBB pekan depan dari kunjungannya ke pasar Ikan Parung dan Sawangan, masyarakat masih beraktivitas seperti biasa di pasar. Menurutnya UMKM dapat lebih cepat recovery dan justru lebih optimis di tengah pandemi ini.

"Mereka cepat recovery karena sudah dapat pelajaran cukup kemarin, Senin sudah PSBB lagi yang penting aktivitas ekonomi terkait pelaku UMKM tetap berjalan. Tapi saya ingatkan tetap UMKM juga tetap disiplin protokol kesehatan, saya yakin rasanya optimisme pelaku UMKM tidak akan luntur," ujar Supari, saat konferensi pers Launching Pesta Rakyat Simpedes (PRS), Jumat (11/09/2020).

Aktivitas ekonomi di grassroot tidak ada perubahan sehingga dampaknya menurutnya tidak akan sebesar yang pertama, sehingga UMKM akan lebih cepat menyesuaikan. Kemudian stimulus dari pemerintah sudah memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Kredit kita tetap tumbuh 4% dan itu akan disumbang besar dari mikro yang akan tumbuh 8-9%," kata dia.

Selain itu, BRI juga akan kembali melaksanakan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) tahun ini melalui paltform online. Berbeda dari sebelumnya, tahun ini pertama kalinya PRS dilakukan secara online karena adanya pandemi Covid-19. Supari mengatakan PRS dapat mengisi ruang kosong saat masyarakat banyak di rumah.

"Ruang UMKM untuk memasarkan produknya melalui PSR kami coba perluas aksesnya, kalau dulu hanya di satu tempat saja di booth-booth pameran sekarang bisa diakses di Indonesia Mall," kata Supari.

Nasabah Simpedes menurut Supari memiliki peran penting bagi pengembangan UMKM dan menjadi menopang CASA BRI. Supari menyebutkan saat ini simpanan mikro dari Simpedes sekitar Rp 240 triliun dan menopang simpanan BRI secara keseluruhan, serta memegang porsi terbesar.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Ini 8 Cara Mengatasi Masalah Keuangan

Senin, 2 Agustus 2021 | 08:39 WIB

Pekan Ini, Harga Minyak Dunia Naik sampai 3%

Minggu, 1 Agustus 2021 | 14:38 WIB

Bursa Saham AS Anjlok tapi Dolar Menguat

Sabtu, 31 Juli 2021 | 08:16 WIB
X