Panduan Lengkap Memilih Saham Menggunakan Analisis Teknikal

Administrator
- Kamis, 26 November 2020 | 20:42 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Setelah pekan lalu Lifepal.co.id membagikan panduan melakukan analisis fundamental untuk memilih saham, kali ini kami menyampaikan panduan analisis teknikalnya. 

Analisis teknikal adalah suatu metode yang digunakan untuk memprediksi trend suatu harga saham di masa depan dengan menggunakan data pada masa lalu. Yang perlu diperhatikan dalam analisis teknikal adalah tren atau pola dan volume transaksi. Pelaku saham (investor) yang menggunakan analisis ini kadang disebut sebagai trader saham.

Dasar pembentukan analisis teknikal.

Salah satu dasar pemikiran analisis teknikal di seluruh dunia adalah pola pemikiran Charles Henry Dow, yang kemudian terkenal dengan konsep Teori Dow. Inilah enam konsep dasar Teori Dow yang harus Anda ingat jika ingin menjadi pakar analisis teknikal. Pertama, Average prices discount everything, setiap harga penutupan saham merupakan dasar tren harga saham rata-rata di masa mendatang. 

Kedua, The market moves in trends. Pergerakan pasar ditentukan oleh indikasi kecenderungan pergerakan harga saham. Tren harga saham dibagi menjadi Primary trend, Secondary trend, dan Minor trend. Ketiga, Major trend have three phrases Setiap tren pasar yang utama selalu terdiri atas tiga fase, yaitu fase 1 (accumulation), fase 2 (uptrend), fase 3 (downtrend).

Keempat, Averages must confirm each other
Rata-rata pergerakan harga saham akan memberikan indikasi arah bunga saham secara pola tertentu, apakah akan naik atau turun. Kelima Volume must confirm the trend Sinyal harga saham akan naik atau turun ditentukan oleh volume perdagangan. Data ini akan menunjukan kecenderungan harga saham di masa mendatang (price trend)

Keenam, Trend is assumed to be in effect until it gives define signal. Analisis tren ini mengatakan bahwa tren akan dianggap benar kalau sudah ada sinyal terjadi. Beberapa alat analisis yang dipakai adalah support dan resistance level, trend lines serta moving average.
Jenis-Jenis Trader

Pada umumnya trader saham dapat dikelompokan menjadi 3 jenis. Pertama, Day Trader, trader saham yang mempunyai banyak waktu, sehingga memungkinkan untuk memantau pergerakan harga saham selama jam bursa berlangsung. Kedua, Swing Trader, trader saham yang mengikuti pergerakan harga saham secara harian, mingguan atau bahkan bulanan. Ketiga, Trend Follower, trader saham yang mengkhususkan diri mengikuti pergerakan harga saham yang sedang ramai diperbicangkan atau yang sedang bergerak naik secara terus menerus.

Apa yang harus dipahami dari analisis teknikal?
Pada umumnya chart saham hanya terdiri dari 3 jenis, yaitu line chart, bar chart, dan candlestick chart. Candlestick chart adalah cara termudah membaca grafik untuk memprediksi arah pasar. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Rumah BUMN PLN Dorong UMKM di Pasaman Naik Kelas

Minggu, 22 Januari 2023 | 09:38 WIB
X