Mengenal Berbagai Macam Aktivitas Ekonomi Indonesia

- Kamis, 27 Januari 2022 | 11:41 WIB
Ilustrasi Aktivitas Ekonomi (Ghina Atika)
Ilustrasi Aktivitas Ekonomi (Ghina Atika)

Indonesia memiliki bentang alam yang sangat luas dan strukturnya juga berbeda-beda. Indonesia yang terletak tepat di garis khatulistiwa menjadikannya negara beriklim tropis. Keadaan inilah yang membuat Indonesia memiliki aktivitas ekonomi yang berbagai macam.

Aktivitas ekonomi di Indonesia tidak lepas dari produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap suatu barang atau jasa. Sebagai negara berkembang aktivitas ekonomi Indonesia masih cukup terbatas di bidang itu saja, namun itulah dasar untuk memajukan suatu negara.

Yuk, lebih mengenal berbagai macam aktivitas ekonomi di Indonesia. Simak di bawah ini penjelasannya.

  • Aktivitas Ekonomi Pertanian dan Perkebunan

Iklim dan geografi di Indonesia memang sebagian besar berada di dataran rendah, sehingga sangat cocok digunakan untuk lahan pertanian dan perkebunan. Banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan pertanian dan perkebunan sebagai sumber mata pencarian mereka. Serta profesi ini sudah ditekuni banyak orang sejak lama.

  • Aktivitas Ekonomi Peternakan

Indonesia yang memiliki iklim tropis membuat banyak hewan bisa hidup dan berkembang dengan baik. Banyak masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai peternak, mulai dari kambing, sapi, ayam, domba, bahkan sampai dari hasil hewan tersebut seperti susu, telur, kulit, dan bulu hewan-hewan itu.

  • Aktivitas Ekonomi Kehutanan

Hutan Indonesia sangat luas dan memiliki keanekaragaman flora yang luar biasa banyaknya. Memiliki iklim yang mendukung perkembangan hutan hijau, maka banyak aktivitas ekonomi yand di dasarkan dari hutan, seperti pengolahan rotan, kayu jati, pinus, mahoni, dan damar.

Baca Juga: Nagari Koto Nan Duo Pessel Bersama Masyarakat Majukan Objek Wisata untuk Peningkatan Ekonomi

  • Aktivitas Ekonomi Perikanan

Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau yang banyak membuat wilayah lautan juga luas di negara ini. Komoditas ikan di laut yang luas juga melimpah, hal ini membuat banyak masyarakat Indonesia memiliki mata pencarian sebagai nelayan. Perikanan Indonesia tentunya sangat beragam ada ikan laut, ikan air tawar atau sungai, ikan yang ditambak sendiri, atau ditangkap melalui pancingan. Keanekaragaman fauna laut ini banyak membuat negara lain juga ingin merasakan makanan ikan yang beragam.

  • Aktivitas Ekonomi Perdagangan

Indonesia memiliki banyak komuditas perdanganan, mulai dari pakaian, elektronik, furnitur, otomotif, kerjinan tangan, dan masih banyak lainnya. Hal ini membuat banyak masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai pedagang baik sebagai pekerjaan sampingan atau pun utama. Perdagangan komoditas pasar Indonesia juga sudah mencapai pasar internasional, sehingga Indonesia tidak dapat diremehkan lagi soal perdagangan.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini 13 Mei 2022, IHSG Melorot ke 6.597

Jumat, 13 Mei 2022 | 22:08 WIB
X