Budidaya Jahe Merah dengan Modal Kecil Bisa Bikin Tajir

- Rabu, 2 Februari 2022 | 21:16 WIB
Jahe Merah (Ghina Atika)
Jahe Merah (Ghina Atika)

Jahe merah adalah salah satu tanaman yang kaya manfaat. Jahe merupakan salah satu bahan dapur yang ajaib. Jahe merah bisa berguna sebagai obat berbagai penyakit.

Saat ini banyak orang yang menggunakan jahe merah untuk dikreasikan dibuat berbagai makanan atau minuman yang kaya manfaat. Jahe merah biasanya diolah menjadi ramuan obat, olahan makanan atau minuman, dan jahe merah juga dapat membuat makanan tambah enak. Hal inilah yang mampu membuat jahe merah kian dikenal masyarakat luas.

Jahe merah juga baik dikonsumsi anak-anak. Jahe merah bisa dikreasikan sebagai permen untuk anak-anak. Selain kaya manfaat permen dari jahe merah jelas terbuat dari bahan alami yang tidak mengandung pengawet berbahaya.

Tanaman satu ini punya prospek bagus. Bibitnya saja banyak dicari, apalagi jahenya. Target utama pemasaran jahe merah adalah sebagai bahan baku industri obat-obatan baik dalam maupun luar negeri. Selain itu jahe merah juga digunakan sebagai minuman penghangat.

Meluasnya jahe merah dikalangan masyarakat bisa dijadikan sebagai peluang usaha untuk kita semua. Berikut beberapa tips mengenai budidaya jahe merah bagi anda semua:

  1. Budidaya Jahe Merah Mudah

Hal yang wajar ketika anda baru pertama kali menanam jahe merah lalu gagal. Cara menanam jahe merah sebenarnya sederhana, hanya saja banyak yang belum mengetahuinya. Jika anda masih pemula, untuk menghindari kerugian, fokuslah membudidayakan tanaman jahe bukan membuat bibit. Resiko mati paling besar ada di bibit. Kunci sukses penanaman jahe merah adalah bibit bagus, lahan oke, dan penyiangan yang teratur.

Jahe merah bisa hidup di musim hujan maupun kemarau. Cocok untuk anda yang ingin fokus bisnis, baik fokus sebagai bisnis utama atau sebagai bisnis sampingan.

Baca Juga: Kelompok Tani Hutan Sawah Luak Mulai Kembangkan Tanaman Jahe

  1. Mengolah Lahan untuk Jahe Merah

Jangan khawatir bila anda tidak memiliki banyak lahan maupun lading untuk ditanami, karena dengan bantuan polybag maupun karung bekas, jahe merah ini mampu di budidayakan secara merata dan berkembang. Jahe merah bisa ditanam di teras, halaman, ladang, atau sawah. Syaratnya sederhana, bibit bagus dan sinar matahari cukup.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: erakini.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mudah Daftar Online BLT UMKM 2022

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:28 WIB

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X