Waspada Investasi Bodong, Kenali Jenis dan Ciri-Cirinya

- Senin, 7 Februari 2022 | 11:27 WIB
Ilustrasi Investasi Bodong (Ghina Atika)
Ilustrasi Investasi Bodong (Ghina Atika)

Investasi memang selalu menarik untuk dibahas. Pasalnya isu mengenai investasi saat ini  sedang naik daun. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang yang sadar akan pentingnya keadaan finansial di masa depan.

Setiap orang tentu ingin berinvenstasi secara aman dan mendapatkan return atau hasil imbal yang menguntungkan serta stabil di masa depan.  Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua investasi itu legal. Banyak oknum yang melakukan penipuan dengan mengatasnamakan investasi alias investasi bodong.

Biasanya investasi bodong menjanjikan return atau hasil imbal yang sangat tinggi dan cepat. Investasi bodong ini jelas sangat merugikan investor, karena modal yang ditanamkan akan hilang dan kemalangan akan datang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri investasi bodong agar tidak mudah tertipu ke depannya.

Pengertian Investasi Bodong

Investasi bodong adalah investasi yang meminta investor menenamkan uangnyan untuk modal bisnis atau pada sebuah kegiatan tertentu yang tidak pernah ada. Setelah itu, oknum penipu akan membawa kabur uang dari investor tersebut. Biasanya oknum penipu dari investasi bodong akan memberikan iming-iming dan memaksa calon investor untuk menanamkan modal kepadanya. Investasi bodong memanfaatkan pengetahuan masyarakat yang kurang terhadap investasi.

Baca Juga: 6 Tips dari Astra Life untuk Mulai Investasi di Tahun Macan Air 2022

Jenis-Jenis Investasi Bodong

Kerugian yang diakibatkan oleh investasi bodong tidak main-main. Maka dari itu selain mengetahui apa itu investasi bodong, anda semua wajib mengetahui jenis-jenis investasi bodong.

  1. Investasi Online Tidak Berizin

Investasi online memang banyak bertebaran di mana-mana, terlebih kemudahannya dalam transaksi menarik banyak peminat. Namun, anda wajib berhati-hati jika tempat anda berinvestasi online tersebut tidak terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jika tempat tersebut tidak mendapat izin dari OJK patut dicurigai bahwa itu adalah investasi bodong. Biasanya yang menjalankan investasi bodong adalah broker yang tidak bertanggung jawab.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: qoala.app

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Ketipu! Ini Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:07 WIB

BTI XL Dukung Kopdargab All Bikers se Indonesia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:04 WIB

IHSG Tertekan, Intip Saham Tahan Banting

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:24 WIB

Cobain Kakeibo, Teknik Menabung Ala Orang Jepang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X