Mengenal Metaverse dan Cara Menghasilkan Uang dari Dunia Virtual

- Rabu, 16 Februari 2022 | 11:38 WIB
Dunia Virtual (Ghina Atika)
Dunia Virtual (Ghina Atika)

Istilah metaverse makin dikenal di kalangan masyarakat setelah Facebook mengganti namanya menjadi Meta. Metaverse sendiri memiliki arti melampaui alam semesta, yang mana jika diuraikan secara etimologi meta berarti melampaui dan verse artinya alam semesta. CEO Meta Mark Zuckerberg menjelaskan bahwa arti dari Metaverse adalah perbatasan berikutnya.

Metaverse digambarkan sebagai tempat dimana orang-orang dapat berkomunikasi dan berinteraksi di dunia virtual. Dalam metaverse atau lebih tepatnya disebut di dunia virtual orang berinteraksi tidak menunjukkan wajah secara langsung. Mereka memiliki koneksi dengan orang lain dalam bentuk NPC otonom dan hologram.

Dunia tersebut membuat setiap orang bisa membeli barang yang mereka butuhkan secara virtual. Artinya, produsen sebuah produk juga perlu merancang brand untuk konsumen yang ingin memiliki produk secara virtual.

Diberitakan bahwa Metaverse juga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas virtual seperti di dunia nyata. Lewat dunia virtual ini, pengguna bisa melakukan aktivitas seperti bekerja, bersosialisasi, belanja, bermain, hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah tanpa harus bepergian secara fisik.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Statsita pada 4 Februari 2022 lalu, sebanyak 52% responden menyebutkan bahwa mereka ingin masuk ke Metaverse agar bisa mendapatkan pengalaman bekerja di ruang kerja virtual.

Baca Juga: Fakta yang Perlu Diketahui Soal Dunia Virtual 3D Metaverse

Contoh Metaverse

Pada masa yang akan datang diperkirakan perkembangan Metaverse akan semakin melejit. Perkembangan ini didukung adanya teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Dilansir dari USA Today, berikut beberapa contoh Metaverse.

  1. Meta

Meta merupakan perubahan nama dari perusahaan teknologi Facebook. Perusahaan ini secara terang-terangan menyebutkan ingin mengembangkan Metaverse mereka. Salah satu aplikasi Metaverse yang ingin mereka kembangkan ada konsel 3D atau tiga dimensi.

Mark Zuckerberg bahkan menyebutkan bahwa pengguna bisa merasakan kehadiran orang lain, berada di tempat lain, dan memiliki pengalaman berbeda yang tidak dapat dilakukan di aplikasi atau halaman web 2D. Meta juga sedang membuat platform “kantor tanpa batas” lewat VR. Pengguna teknologi ini diketahui dapat merasakan duduk sebagai hologram di sofa, sehingga akan terasa seperti pergi ke kantor sesungguhnya.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: telset.id, katadata.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiket Pesawat Meroket, Kemenhub Sentil Bos Garuda

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Ini Dia 5 Terkaya di Dunia, Siapa Sajakah?

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:02 WIB

Waspada Dampak Ekonomi Akibat Konflik China-Taiwan

Senin, 8 Agustus 2022 | 08:48 WIB
X