Cara Mendaftar Jaminan Kehilangan Pekerjaan dan Manfaat yang Diterima

- Kamis, 17 Februari 2022 | 10:02 WIB
Ilustrasi Pekerja (Ghina Atika)
Ilustrasi Pekerja (Ghina Atika)

Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) diberikan Pemerintah sebagai solusi atas pemberlakuan Permenaker No 2 Tahun 2022 yang kini membuat pekerja atau buruh tidak bisa mencairkan jaminan hari tua (JHT) sebelum memasuki masa pensiun dengan usia 56 tahun, meninggal dunia, atau mengalami cacat total tetap.

Aturan mengenai JKP ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Program tersebut sudah mulai berjalan sejak PP Nomor 37 Tahun 2021 terbit. Bahkan klaim JKP sudah efektif berlaku per awal bulan ini.

Dalam beleid tersebut dijelaskan, PP Nomor 37 Tahun 2021 merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Jaminan Kehilangan Pekerjaan yang selanjutnya disingkat JKP adalah jaminan sosial yang diberikan kepada Pekerja/Buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan Pelatihan Kerja," demikian bunyi Pasal 1 PP Nomor 37 tahun 2021.

JKP disebut diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan Pemerintah Pusat. Di PP ini juga disebutkan bahwa sumber dana JKP dibayarkan oleh Pemerintah Pusat sebesar 0,46% dari upah dan Sumber pendanaan JKP. Sumber pendaan JKP yang dimaksud itu merupakan rekomposisi dari iuran program jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKm).

Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) adalah program yang akan memberikan manfaat bagi pekerja yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam bentuk uang tunai dan lainnya. Aturan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permanker) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemberian Manfaat JKP.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Perbedaan JHT dan Jaminan Pensiun

JKP ini didapatkan melalui terdaftarnya seseorang sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika seseorang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Terdapat beberapa manfaat ketika anda terdaftar sebagai penerima Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Apa saja itu manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: kontan.co.id, kompas.com, CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiket Pesawat Meroket, Kemenhub Sentil Bos Garuda

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Ini Dia 5 Terkaya di Dunia, Siapa Sajakah?

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:02 WIB

Waspada Dampak Ekonomi Akibat Konflik China-Taiwan

Senin, 8 Agustus 2022 | 08:48 WIB
X