Mulai Senin Ini, Paguyuban Perajin Tahu Tempe Jabar Mogok Produksi

- Senin, 21 Februari 2022 | 02:02 WIB
Ilustrasi,  perajin tahu tempe.
Ilustrasi, perajin tahu tempe.

HARIANHALUAN.COM - Aksi mogok produksi dan jualan dilancarkan para pedagang tempe dan tahu yang tergabung dalam Pusat Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Puskopti) Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto Disebut akan Dilantik Jokowi Senin ini

Aksi mogok disepakati dilancarkan selama tiga hari, mulai Senin ini (21/2) hingga Rabu (23/2). Aksi mogok mereka lancar sebagain bentuk protes atas semakin tidak terkendalinya kenaikan harga kedelai, bahan utama tempe dan tahu.

Ketua Paguyuban tahu tempe Kota Bandung, Iyus Rustaya menyatakan bahwa aksi mogok massal produksi mulai Senin, dilaksanakan serentak sesuai apa yang telah diputuskan dari hasil musyawarah dalam menyikapi terjadinya kenaikan harga kedelai yang terus menerus dan tak terkendali.

"Menjadi tak dapat diikuti oleh penjualan tempe tahu yang berakibat banyak pengrajin berhenti produksi dan guling tikar," ujar Iyus kepada wartawan, Minggu (20/02/2022).

Dikatakan Iyus, ada lima aspirasi yang mereka serukan, seperti pertama kepada pengrajin tempe tahu dihimbau untuk berhenti produksi dan berjualan tempe tahu selama tiga hari, pemberitahuan tersebut bersifat mengikat kepada pengrajin dan pedagang yang diharapkan untuk ikut imbauan tersebut sebagai bentuk solidaritas senasib sepenanggungan,

Selain itu di utarakannya, pengrajin tempe tahu pun sudah harus mulai menyesuaikan harga produknya sesuai dengan kenaikan harga kedelai, terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Melakukan tindakan konkrit dalam upaya menyuarakan keluhan dan harapan pedagang atau pengrajin tahu tempe," bebernya.

Dikatakan Iyus, yang terakhir mereka juga memohon maaf kepada konsumen atau masyarakat yang terbiasa menikmati tempe tahu atas ketidaknyamanan nanti.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: RRI.co.id

Tags

Terkini

Intip 10 Saham yang Punya Dividen Besar

Selasa, 5 Juli 2022 | 22:36 WIB

Simak Penjelasan Mengenai Saham Preferen

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:53 WIB

Cara Mudah Daftar Online BLT UMKM 2022

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:28 WIB
X