13 Perusahaan Ritel yang Angkat Kaki Akibat Konflik Rusia-Ukraina

- Jumat, 11 Maret 2022 | 20:49 WIB
Uniqlo (Ghina Atika)
Uniqlo (Ghina Atika)

Perusahaan ritel raksasa yang bergerak di berbagai sektor mulai angkat kaki dari Rusia. Mulai dari perusahaan yang bergerak di bidang produsen makanan dan minuman hingga produsen pakaian memutuskan untuk tidak melanjutkan bisnis mereka atau menutup sementara bisnis mereka di Rusia.

Keputusan yang mereka ambil ini sebagai bentuk dampak dari invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina. Saat ini Rusia juga dalam keadaan terkena sanksi ekonomi oleh negara-negara di dunia.

Dilansir dari CNN Indonesia pada Jumat (11/3/22), berikut ini adalah daftar perusahaan-perusahaan ritel raksasa dunia yang angkat kaki dari Rusia :

  1. Uniqlo

Fast retailing yang merupakan induk perusahaan Uniqlo yang merupakan perusahaan ritel terbaru di Rusia memberhentikan kegiatan bisnisnya di sana.

Awalnya CEO Fast Retailing Jepang Tadashi Yanai mengatakan untuk tetap beroperasi di sana dengan alasan pakaian merupakan kebutuhan dasar manusia. Namun, setalah beberapa hari pernyataan itu berubah.

Dalam pernyataan resminya Fast Retailing  mengatakan bahwa mereka tidak bisa lagi melanjutkan (operasi bisnis), karena pihaknya sangat menentang segalan bentuk tindakan permusuhan. Mereka juga mengutuk semua bentuk agresi yang melanggar hak asasi manusia dan mengancam kedamaian individu.

  1. Estée Lauder Companies

Perusahaan ritel Estée Lauder turut mengakhiri semua aktivitas komersial di Rusia.

Dalam sebuah pernyataan pihak Estée Lauder mengatakan bahwa mereka mebatalkan semua aktivitas komersial di Rusia termasuk menutup setiap took yang mereka miliki dan operasikan. Mereka juga memblokir situs merek milik mereka dan pengiriman ke cabang di Rusia.

Estée Lauder juga telah menangguhkan investasi dan inisiatif bisnis mereka di Rusia.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Ketipu! Ini Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:07 WIB

BTI XL Dukung Kopdargab All Bikers se Indonesia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:04 WIB

IHSG Tertekan, Intip Saham Tahan Banting

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:24 WIB

Cobain Kakeibo, Teknik Menabung Ala Orang Jepang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X