Harga Jual Minyak Goreng Hari Ini di Alfamart dan Indomaret Di Atas 23 Ribu

- Kamis, 17 Maret 2022 | 22:05 WIB
Ilustrasi Minyak Goreng (Ghina Atika)
Ilustrasi Minyak Goreng (Ghina Atika)

Pada hari sebelumnya, pemerintah telah mencabut harga eceran tertinggi (HET) pada minyak goreng. Maka dari itu mulai Kamis (17/3/22) PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) mulai menjual minyak goreng kemasan dengan harga di atas Rp 23.000 per liter.

Solihin selaku Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya mengatakan harga berlaku mulai hari ini ketika pengiriman pasokan minyak goreng kemasan sudah sampai di gerai Alfamart.

Penjualan minyak goreng di atas harga Rp 23.000 dilakukan karena stok minyak goreng kemasan dengan harga Rp 14.000 sudah habis terjual.

Sementara ini Indomaret menyatakan sebuah kebijakan, yaitu penjualan minyak goreng kemasan akan dijual  di kisaran harga Rp 23.000 hingga Rp 25.000 per liternya, mulai hari ini.

Pemerintah mencabut aturan HET minyak goreng kemasan. Selanjutnya, harga minyak goreng kemasan akan diserahkan ke mekanisme pasar dengan menyesuaikan nilai keekonomiannya.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat terbatas tentang minyak goreng di Istana Selasa (15/3) lalu.

Airlangga mengungkapkan keputusan itu diambil setelah melihat perkembangan global. Dalam hal ini, ketidakpastian global menyebabkan harga pasokan energi dan pangan naik dan langka. Termasuk ketersediaan CPO untuk minyak goreng.

Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga mewanti-wanti pemerintah akan kemunculan pasar gelap (black market) usai harga minyak goreng curah dipatok maksimal Rp14 ribu per liter.

Baca Juga: Tuding Perang Rusia Ukraina Penyebab Harga Minyak Goreng Naik, Mendag Minta Masyarakat Maklum

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Intip 10 Saham yang Punya Dividen Besar

Selasa, 5 Juli 2022 | 22:36 WIB

Simak Penjelasan Mengenai Saham Preferen

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:53 WIB
X