7 Cara Mengatur Keuangan untuk Beli Rumah di Usia Muda

- Kamis, 17 Maret 2022 | 22:21 WIB
Ilustrasi rumah (Ghina Atika)
Ilustrasi rumah (Ghina Atika)

Rumah merupakan kebutuhan primer setiap orang. Namun sayangnya karena suatu kondisi keluarga terkadang orang belum bisa memiliki rumah sendiri hingga usia muda.

Saat ini memiliki rumah di usia muda memang menjadi harapan banyak orang. Menabung dan mengatur keuangan adalah salah satu bentuk alternatif untuk mewujudkan keinginan dalam membeli rumah.

Sayangnya, membeli rumah bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Meniliki kembali mengenai harga rumah sekarang ini yang semakin naik setiap tahunnya. Pasalnya rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang baik lantaran pasti mengalami pertambahan nilai ke depannya.

Anda harus mengetahui cara menabung dan mengatur keuangan untuk membeli rumah, sehingga hal ini bisa menjadi solusi untuk segera mendapatkan hunian idaman.

Jika Anda penasaran, berikut cara mengatur keuangan dan menabung agar bisa membeli rumah idaman.

Baca Juga: Menggurita! Berikut Daftar Bisnis Juragan 99, Dari Skincare Hingga Sewa Jet Pribadi!

  1. Tetapkan Target

Hal petama yang dapat Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai harga rumah yang diinginkan dan disesuaikan dengan penghasilan yang Anda miliki per bulannya. Dengan begitu, target tabungan yang ditentukan akan lebih masuk akal dan teratur dengan baik.

Selain itu, perhitungkan potensi kenaikan harga rumah di tahun-tahun mendatang sehingga kamu bisa menyiapkan dana baik itu untuk uang muka (DP) beserta cicilannya sesuai dengan harga di tahun-tahun berikutnya.

  1. Menabung di Awal

Menabung di awal merupakan cara untuk menghindari keborosan yang bisa Anda lakukan ketika menerima pendapatan. Kesalahan yang masih sering dilakukan adalah tidak memprioritaskan tabungan, sehingga uang yang dijadikan tabungan adalah sisa pendapatan yang telah dihabiskan sebulan. Jangan menunggu sisa gaji untuk ditabung karena justru akan membuatmu gagal menabung. Lakukan menabung di awal tepat setelah menerima gaji, lalu pos-poskan uang untuk keperluan-keperluan lainnya.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Ketipu! Ini Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:07 WIB

BTI XL Dukung Kopdargab All Bikers se Indonesia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:04 WIB

IHSG Tertekan, Intip Saham Tahan Banting

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:24 WIB

Cobain Kakeibo, Teknik Menabung Ala Orang Jepang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X